Tanya Dokter

  • Mengatasi nyeri punggung dan gatal

  •  Fascal Putra
    Anggota
    Permisi dok, begini saya megukuti bela diri dok. Kebetulan beberapa hari yg lalu kami berlatih di Tempat yg berpasir , dan saya melakukan kontak fisik dengan pasir. Setelah beberapa saat, punggung saya langsung gatal-gatal dok. Keesokan harinya sempat hilang lalu malam ini semakin parah gatalnya serta muncul Bendol bendol dok dan itu terasa menyakitkan. Ternyata trmpat saya berlatuh itu sering dibuat tempat kucing Buang air Kira kira ini kena apa ya dok

    Hallo Fascal Putra

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Jika terdapat gambaran sensasi gatal, geli atau seperti ditusuk, kemudian permukaan kulit tampak memerah memerah atau berubah warna dan muncul benjolan padat pada kulit (papula), hingga permukaan kulit kasar yang menyerupai kulit ular yang tampak berkelok-kelok selebar sekitar 2-3 mm (ini merupakan gambaran khas), bisa saja kondisi ini disebabkan karena infeksi parasit cacing pada kulit yang disebut dengan Cutaneous larva migrans (CLM). Jenis cacing yang biasanya menyebabkan kondisi ini adalah cacing tambang yang umumnya ditemukan pada binatang, seperti kucing, anjing, domba, kuda, dan lainnya. Biasanya seseorang tertular parasit ini ketika sedang berjalan tanpa alas kaki di area yang terkontaminasi tinja binatang, seperti di taman atau pantai. Selain itu, parasit yang menempel pada kulit juga bisa berasal dari benda yang lembab, misalnya handuk. Sehingga pada kasus anda, infeksi ini dapat disebabkan karena anda berlatih bela diri pada tempat berpasir. CLM pada umumnya disebabkan oleh adanya siklus kehidupan parasit yang menular dari tinja binatang yang memiliki telur cacing tambang ke kulit manusia, melalui permukaan yang hangat, lembab, dan berpasir. Hal ini dikarenakan telur cacing dapat menetas pada lingkungan tersebut dan menembus kulit yang terpapar. Memang masih banyak kemungkinan lain penyebab kondisi anda, seperti alergi pada kulit (dermatitis), infeksi tungau (skabies) dan penyebab lainnya. Untuk itu memang harus dipastikan secara langsung oleh dokter untuk menilai kondisi anda. Jika memang kondisi anda disebabkan karena larva cacing ini, maka nantinya akan dilakukan pengobatan dengan pemberian obat cacing, seperti albendazol selama 3 hari berturut-turut. Selain itu nantinya dapat dilakukan krioterapi dengan nitrogen cair atau penyemprotan daerah kulit anda dengan menggunakan klor etil untuk menghambat pertumbuhan larva cacing tersebut. Jika rasa gatal cukup mengganggu, dokter juga akan memberikan obat anti gatal (antihistamin) pada anda.

    Berikut beberapa hal untuk mencegah kemungkinan terjadinya infeksi larva cacing seperti yang anda alami ini:

    • Selalu menggunakan alas kaki saat berjalan atau berjemur di pantai.
    • Selalu menjaga kebersihan tubuh setelah melakukan aktivitas dari luar.
    • Jika anda memiliki hewan peliharaan, hindari membawa binatang peliharaan, seperti anjing dan kucing, ke pantai atau taman untuk mencegah terjadinya kontaminasi fasilitas umum. Dan sebaiknya berikan obat cacing pada binatang peliharaan secara teratur.

    Semog jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino