Tanya Dokter

  • obat cegukan untuk penderita stroke ringan

  •  Yosep Tendean
    Anggota

    Dok saya ingin bertanya. Orang tua saya akhir akhir ini sering mengalami cegukan namun hanya terjadi pada malam hari . Orang tua saya pernah terkena stroke ringan. Dan saat ini masih belum sembuh karena tekanan darah masih tinggi. Lalu tingkat kekentalan darah juga masih tinggi. Untuk gula darah dan asam urat normal. Namun obat obat yg ia minum setiap hari menimbulkan efek samping. Ginjal orang tua saya mulai terganggu . Padahal obat yg di berikan sesuai resep. Bagaimana dok cara menghilangkan cegukan untuk penderita seperti ini

    Halo,   Anda bisa mengkonsultasikan keluhan orang tua Anda ke dokter yang merawat. Dengan begitu dokter bisa menyesuaikan obat keluhan Anda dengan kondisi kesehatan orang tua Anda secara cermat. Beberapa langkah dibawah ini bisa Anda coba untuk mengurangi gejala cegukan orang tua Anda :

    1. Menahan napas dalam waktu singkat.
    2. Minum banyak air.
    3. Makan nasi yang dibentuk bulat kecil.
    4. Melakukan akupungtur / akupressur. Menekan dengan 1 jari pada bagian di bawah tulang mastoid (diantara ujung tulang mastoid dan telinga) selama beberapa saat.
    5. Mengigit lemon.
    6. Menggunakan Obat tertentu = metoklopramid, domperidon, chlorpromazin, gabapentin, haloperidol dll.
    7. dll.
    Pemilihan terapi sebaiknya disesuaikan dengan kondisi ayah Anda dan penyebab cegukan ayah Anda. Jika kondisi cegukan disebabkan karena uremia (keracunan ureum dalam darah) maka tindakan pencucian darah/ hemodialisa akan diperlukan untuk mengatasi cegukan. Cegukan merupakan suatu reaksi yang timbul akibat kontraksi otot diafragma pada tubuh kita. Penyebabnya sangat bervariasi namun penyebab tersering adalah dikarenakan adanya iritasi pada saraf vagus yang mempersarafi diafragma kita. Penyebab cegukan lain diantaranya adalah :
    1. Kaget / stress yang tiba tiba.
    2. Makan terlalu cepat.
    3. Makan makanan pedas atau minuman bersoda.
    4. gangguan metabolisme = diabetes, gangguan tiroid dll.
    5. Gangguan ginjal = timbul akibat uremia (keracunan ureum dalam darah).
    6. Gangguan vagus = penyakit gondok.
    7. Gangguan pernafasan = pneumonia dll.
    8. Gangguan pencernaan = GERD dll.
    9. Efek obat tertentu.
    10. dll.
    Biasanya cegukan akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu, namun pada kondisi tertentu bisa saja cegukan menetap dan membuat penderita merasa kesulitan. Baca topik Cegukan. Semoga membantu.   dr. Yusi