Tanya Dokter

  • Pengobatan flu pada seorang dengan riwayat gangguan jantung

  •  Hendra puspa
    Anggota
    Dok ibu sya skit flu tpi bingung mau mnm obat apa, soalnya ibu sya pnya penyempitan jantung+gejala lambung. Kira2 obat apa ya,,dok? Yg cocok dan ga akan mngganggu pnyakit ibu saya.

    Halo Hendra puspa,

    mengkonsumsi obat dengan riwayat penyakit tertentu seperti gangguan jantung dan lambung memang perlu lebih cermat dan berhati-hati. Flu adalah penyakit yang sangat umum dijumpai sehari-hari, dan paling sering disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Sebenarnya masa infeksi virus tidak lama dan dapat membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus oleh dokter, namun seringkali penderita flu sangat terganggu dengan gejalanya, seperti pilek, demam, batuk, nyeri tenggorokan, dsb. Untuk sementara beberapa cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk membantu meredakan gejala flu antara lain: 

    • istirahat lebih banyak
    • konsumsi makanan bergizi secara teratur, perbanyak buah dan sayuran
    • konsumsi air putih lebih banyak
    • hindari makanan/minuman dingin dan terlalu panas, pedas, mengandung tinggi pengawet.
    • Jauhi asap rokok. Gunakan masker untuk menghindari polusi dan mencegah penularan infeksi
    • Konsumsi obat batuk herbal yang aman, misalnya madu
    • bila nyeri tenggorokan, berkumur dengan air garam
    • Apabila demam atau sakit kepala konsumsi obat seperti parasetamol, sedangkan obat seperti ibuprofen dan golongan NSAID lainnya sebaiknya dihindari pada pasien dengan penyempitan jantung dan penyakit lambung. Selain dari obat ini, kebanyakan obat untuk gejala pilek dan batuk harus menggunakan resep dari dokter

     

     

    Namun apabila setelah melakukan cara-cara di atas gejala flu menetap lebih lama (patokan yang digunakan biasanya lebih dari tiga hari), perlu dipikirkan kemungkinan penyebab lain seperti infeksi bakteri, reaksi alergi, infeksi paru, dsb yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, oleh karena itu disarankan untuk berkonsultasi tatap muka dengan dokter untuk mencari penyebab lain yang mendasari dan ditangani sesuai dengan hasil pemeriksaan. dokter dapat menyarankan pemeriksaan penunjang seperti cek darah, foto ronsen, EKG. Jangan lupa untuk memberitahu dokter mengenai riwayat penyakit dan obat-obatan rutin yang dikonsumsi oleh ibu anda, sehingga dokter dapat menyesuaikan.

    Anda dapat membaca artikel terkait: flu

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira