Tanya Dokter

  • Pengobatan untuk hepatitis B

  •  wulan sharii
    Anggota
    dok.. saya mau tanya. saya kan mau kerja diluar pas medichal check up saya mengidap hbsag 1000.7 itu parah gak ya dok. Bisa diobati tidak ? jika bisa pengobatannya bagaimana ? dan berapa lama proses penyembuhannya ? terimakasih dok.

    Hai Wulan.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    HBsAg merupakan suatu marker/ penanda adanya infeksi virus hepatitis B. Tes ini bisa secara kualitatif (rekatif atau non reaktif) atau secara kuantitatif. Virus hepatitis B yang lama yang tak ditangani dapat menyebabkan penyakit lain seperti sirosis atau bahkan kanker liver. Jika HBsAg masih tetap positif dalam 6 bulan maka dapat disebut sebagai infeksi hepatitis kronis.

    Pengobatan hepatitis sendiri berbeda tergantung sakitnya akut atau kronis. Jika sakit pasien maih akut, maka diberi pengobatan sesuai gejala yang dirasakan. Namun, harus tetap dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk tahu apakah masih ada virus yag aktif dalam tubuh penderita. Sedangkan bila telah kronis maka pengobatan sebaiknya di dokter spesialis penyakit dalam, diberikan obat yang dapat menekan aktivitas viru dan mencegah kerusakan liver lebih lanjut.

    Pemeriksaan pada pasien yang ada kecurigaan terinfeksi virus hepatitis B ini tidak hanya dari pemeriksaan HBsAg saja tetapi juga perlu pemeriksaan lain seperti HBV DNA, HBeAg, HBcAg, anti- HBsAg, ataupun pemeriksaan fungsi tes liver lainnya seperti SGOT, SGPT. Bila anda merasa muncul keluhan seperti kulit dan mata menjadi kekuningan, mual, muntah, nyeri perut bawah, ataupun mual muntah maka periksakan diri anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan fisik, pemeriksaan lab lainnya, jika diperlukan juga bisa dilakukan USG pada perut. 

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti