Tanya Dokter

  • Obat untuk insomnia

  •  chyntiaakt
    Anggota
    Cara mengatasi insomnia dok.

    Halo Chyntiaakt,

    Terima kasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Insomnia adalah suatu gangguan tidur dimana terjadi keadaan sulit untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur sehingga kualitas tidur akan berkurang yang akhirnya dapat mengganggu kualitas hidup seseorang. Tidur sebaiknya lebih mengutamakan kualitas dibanding dengan kuantitas. Insomnia dapat dibagi menjadi 2 berdasarkan penyebabnya, yaitu :

    1.     Insomnia primer, tidak berhubungan dengan masalah kejiwaan atau keadaan medis lainnya. Pada keadaan ini pasein tidur, tapi merasa tidak cukup dalam tidurnya. Biasanya diakibatkan karena pola tidur yang terganggu.

    2.     Insomnia skunder, berhubungan dengan masalah kejiawaan, persarafan atau gangguan medis lainnya. Pada keadaan ini pasien susah untuk memulai tidur atau mudah terbangun dari tidurnya.

     

    Insomnia dapat dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :

    1.     Early insomnia : Susah memulai tidur, biasanya pada keadaan ini seseorang membutuhkan 30 menit untuk tidur;

    2.     Sleep-maintanance insomnia : Sulit mempertahankan tidur, seseorang akan terbangun kemudian terjaga pada malam hari sekitar 30-45 menit sebelum tertidur kembali;

    3.     Late Insomnia : Bangun tidur terlalu awal dan tidak dapat melanjutkan tidur kembali;

    4.     Campuran ketiga jenis diatas.

     

    Periksakan diri anda ke dokter jika gangguan tidur menetap dan mengganggu aktivitas hidup anda sehingga kualitas hidup dapat tergganggu. Dokter akan melakukan wawancara dan mencari penyebab dari gangguan tidur anda sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat untuk mencegah semakin menurunnya kualitas hidup anda.

     

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi gejala ini, seperti :

    ·      Hindari stress

    ·      Tidur dalam suasana yang nyaman, matikan lampu kamar

    ·      Kurangi menggunakan alat elektronik sebelum tidur

    ·      Bisa diawali dengan membaca buku sebelum tidur

    ·      Minum susu hangat menjelang waktu tidur, hindari konsumsi minuman mengandung kaffein

    ·      Kurangi waktu tidur saat siang hari

    ·      Konsumsi makanan yang bergizi seimbang

    ·      Minum air putih 8-10 gelas/hari

    ·      Olahraga teratur

     Untuk penggunaan obat-obatan sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter pskitatri anda, agar penanganan yang diberikan tepat sasaran.

    Baca juga artikel berikut SUSAH TIDUR

     

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.