Tanya Dokter

  • Obat untuk jerawat bruntusan

  •  Elia Yaqutina
    Anggota
    dok,sekitar 1 bulan terakhir muka saya muncul jerawat bruntusan terus, lalu m in nggu lalu saya facial dan ternyata jerawatnya masih ada dan tambah banyak.. lalu 3 hari ini saya mencoba masker jeruk nipis, memang 2 menit pertama perih tapi setelah itu biasa saja.. apakah masker jeruk nipis ini berfungsi dok untuk jerawat bruntusan? lalu apa yang harus saya lakukan in ntuk menghilangkan jerawat bruntusan ini? mohon tanggapannya trimakasih.

    Elia yang baik,

    memiliki wajah yang mulus adalah dambaan setiap orang terutama kaum hawa. Namun demikian kondisi ini tentunya membutuhkan usaha perawatan wajah yang optimal. Jerawat sejatinya ditimbulkan oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif sehingga menyumbat pori-pori dan bercampur dengan kotoran dan debu, dan meradang sebagai jerawat. Jerawat juga bisa timbul oleh karena iritasi wajah oleh produk tertentu yang tidak cocok dengan kulit wajah Anda. Oleh karenanya menggunakan sembarang produk tanpa konsultasi dengan dokter sangat tidak dianjurkan sekalipun produk berasal dari bahan alami.

    Langkah pertama menangani jerawat ialah memastikan kulit wajah tidak kotor, dengan membersihkan wajah sehari minimal 2 kali dengan menggunakan air hangat dan sabun yang cocok. Bila Anda kesulitan menemukan sabun yang cocok, Anda dapat menggunakan sabun bayi batangan untuk sementara waktu sembari menunggu waktu konsultasi dengan dokter kulit Anda. Konsultasi diperlukan karena tipe kulit orang yang berbeda-beda sehingga membutuhkan produk yang berbeda pula. Lebih jauh mengenai topik ini berikut kami lampirkan artikel mengenai perawatan wajah. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief