Tanya Dokter

  • Merencanakan kehamilan

  •  Vhia Tambuwun
    Anggota
    Dok,aku 5bln kmrin ikut promil 3bln tpi obt d bulan ke 3 blm sempat dminum smpe skg, aku mau nanya, apa obat di bulan k 3 bisa diminum bln sekarang??? Jenis obatnya lanturol 400, clomifene citrate 50mg, folic acid 400, mohon dibantu yaa Dok, aku udah mau msk tahun ke 7 pernikahan blm punya momongan, makasi sblmnya Dok ☺
    Vhia Tambuwun  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Vhia,

    Kehamilan tentu merupakan kondisi yang dinantikan oleh segenap keluarga. Meskipun demikian, karena satu atau lain hal seorang wanita dapat mengalami kesulitan untuk hamil. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kesulitan hamil :

    • Usia, usia merupakan kondisi yang memegang peranan penting dalam kesuburan dan umumnya kesuburan akan menurun seiring dengan penambahan usia. Umumnya seorang wanita akan lebih sulit hamil pada usia 35 tahun keatas
    • Nutrisi, wanita yang terlalu kurus/terlalu gemuk akan mengalami kesulitan untuk hamil
    • Gangguan pada organ reproduksi seperti gangguan patensi tuba, fibroid rahim, kista ovarium, dsb
    • Kondisi medis lain seperti gangguan fungsi tiroid, konsumsi obat-obatan, dsb
    • Gangguan kesuburan pada pria
    • Dikarenakan Anda sudah mendapat penanganan dokter berupa program hamil dan kehamilan tidak kunjung terjadi maka sebaiknya suami Anda juga memeriksakan dirinya untuk memastikan penyebab sulitnya hamil.

      Dokter juga dapat menganjurkan beberapa pemeriksaan untuk Anda dan melakukan program hamil lanjutan dengan metode inseminasi buatan atau bayi tabung. Pemeriksaan lanjutan yang dapat dianjurkan dokter adalah pemeriksaan HSG (Histosalphingografi), USG perut/transvagina dan pemeriksaan fungsi hormonal.

      Tanyakanlah hal yang belum jelas dengan dokter Anda dan lakukan kontrol sesuai anjuran dokter Anda. Hindari pengunaan obat-obatan secara sendiri atau mengubah pengobatan yang diberikan dokter karena justru dapat mempersulit terjadinya kehamilan.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Program hamil

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono