Tanya Dokter

  • mengatasi komedo di hidung

  • Malam dok, saya mau nanya saya punya masalah komedo di hidung dok, saya coba facial tapi kurang dari seminggu timbul lagi dok, jenis komedo saya itu blackhead trus saya baca di blog gitu pake tritonoin jd gmn ya dok?

    Hallo Gitanoorazizah

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Komedo adalah benjolan atau papula yang berukuran kecil pada permukaan kulit, dimana sebenarnya komedo ini merupakan suatu bentuk jerawat yang tergolong ringan yang biasanya muncul pada daerah wajah (dapat juga muncul pada daerah lain pada tubuh). Memang seperti yang anda pahami, ada dua macam komedo yang dikenal, yaitu komedo putih (komedo tertutup) dan komedo hitam (komedo terbuka). Komedo hitam sendiri terjadi karena ujung luar folikel rambut tertutup oleh kumpulan sel kulit mati dan minyak, sehingga menyebabkan peradangan folikel rambut. Karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara, maka warna komedo menjadi tampak hitam.

    Komedo sendiri dapat anda atasi di rumah dengan melakukan perawatan wajah secara rutin, yaitu dengan mencuci wajah dua kali dengan sabun yang ringan, sebaiknya hindari produk kosmetik wajah yang mengandung minyak. Anda juga bisa menggunakan masker wajah baik yang alami atau buatan pabrikan kosmetik tertentu selama anda tidak memilik alergi terhadap produk masker tersebut. Selain itu anda juga  sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi produk-produk makanan yang mengandung susu atau konsumsi makanan yang mengadung banyak minyak. Anda juga bisa melakukan penanganan sendiri menggunakan obat-obatan yang dijual secara bebas di pasaran, yang biasanya mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat, atau resorcinol. Tujuan penanganan komedo dengan obat ini adalah untuk  membunuh bakteri yang menginfeksi kulit, mengurangi  minyak berlebih, dan membantu proses perontokan sel kulit yang telah mati. Untuk obat lainnya, seperti trenitoin yang anda tanyakan, jenis obat semacam ini memang sebaiknya digunakan setelah mendapat resep dan pemeriksaan dari dokter spesialis kulit. Selain trenitoin, anda juga mungkin dapat diberikan obat yang mengandung adapalene dan tazarotene oleh dokterKetiga obat ini mengandung vitamin A, yang bekerja mencegah terbentuknya penyumbatan pada folikel rambut dan juga mempercepat pergantian sel kulit. Untuk kasus komedo yang disertai dengan munculnya kista jerawat atau adanya bisul, anda mungkin akan diresepkan benzoyl peroxide dan antibiotik oleh dokter.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

    dr.Aldy Valentino