Tanya Dokter

  • Obat untuk kulit gatal merah dan panas

  •  Evi Ratnasari
    Anggota
    Selamat malam dok, mau tanya. Sejak SD sampai sekarang saya sudah smk saya masih sering gatal gatal,gatalnya hampir setiap hari. Gatalnya diseluruh badan sampai rambut dan terasa panas, kulitnya merah melebar namun tidak benjol hanya merah saja. saya sudah periksa ke beberapa dokter kulit,dan ada yang bilang kalau saya alergi ikan laut, ada yang bilang alergi dingin dan juga alergi debu. Kira kira kalau gatal seluruh badan sampai rambut dan terasa panas, kulitnya hanya merah tidak benjol alergi apa? Dan bagaimana cara menjaga kulit agar terhindar dari alergi. Terimakasih

    Halo Evi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa alergi merupakan suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya, walaupun sebenarnya tidak berbahaya. Hal ini dapat berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh.

    Alergen atau substansi pemicu alergi hanya berdampak pada orang yang memiliki alergi tersebut. Pada orang lain, alergen tersebut tidak akan memicu reaksi kekebalan tubuh. Beberapa jenis substansi yang dapat menyebabkan reaksi alergi meliputi : makanan atau minuman tertentu, gigitan serangga atau kutu, bulu hewan, obat - obatan, serbuk Sari, debu, dan lain sebagainya.

    Gejala - gejala yang muncul jika seseorang menderita suatu alergi, diantaranya adalah : timbulnya Ruam pada kulit disertai dengan rasa gatal, bersin - bersin, batuk - batuk, sesak nafas, hidung beringus, terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen.

    Kondisi alergi tidak dapat disembuhkan, cara yang paling ampuh dalam mencegah alergi adalah menghindari diri dari substansi pemicunya atau alergen. Akan tetapi jika gejala alergi sudah terlanjur muncul, terdapat beberapa obat anti alergi yang dapat membantu.

    Untuk mengetahui substansi apakah yang membuat alergi Anda kambuh, maka kami menyarankan segeralah menemui kembali dokter spesialis penyakit kulit, dan meminta untuk dilakukan pemeriksaan / tes alergi, agar Anda dapat mengetahui apa yang membuat Anda alergi, Sehingga akhirnya segala sesuatunya terang dan jelas.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TES ALERGI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati