Tanya Dokter

  • Bentol pada kulit dan terasa sangat gatal

  •  m.sofyan12
    Anggota
    Permisi dokter, saya mau tanya,, pada bagian tangan dan kaki saya timbul bentol" dan apabila di garuk mengeluarkan darah dan akhirnya yg awalnya hanya bentol kecil jadi agak besar keliatannya dan menjadi luka yg aga timbul,, bentol itu pun menyebar,, ada yg yg sudah kering tapi sewaktu" suka terasa sangat gatal dan bila digaruk lagi terjadi lagi demikian,, saya sudah tanya dokter umum katanya itu peradangan kulit,, nah apa langkah yg saya harus ambil agar tidak.menyebar? Dan obat apa yg harus saya pakai? Dan terakhir apakah bekas lukanya bisa hilang? Jika bisa berapa lama? Adakah obat untuk membantu menghilangkan bekasnya? Terimakasih dokter
    m.sofyan12  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo m. Sofyan12, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Timbulnya bentolan pada kaki dan tangan dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satnya adalah peradangan pada kulit -- namun peradangan pada kulit sendiri memiliki banyak penyebab diantaranya :

    • Iritasi akibat bahan kimia tertentu (seperti menggunakan krim baru, sabun mandi baru, atau terpapar bahan kimia lainnya)
    • Alergi (akibat paparan udara dingin, bulu hewan, debu, atau alergen lainnya)
    • Infeksi (baik akibat bakteri, virus, jamur, tungau / kutu, dsb)
    • Gigitan serangga
    • Dan masih banyak lagi

    Kami tidak dapat memastikan penyebab kondisi ini secara pasti jika tidak mealakukan pemeriksaan secara pasti, karena setiap penyebab memiliki ruam kulit yang berbeda beda. Bila Anda sudah menemui dokter, maka sebaiknya gunakan obat yang telah diberikan tersebut secara rutin terlebih dahulu lalu kontrol kembali sesuai waktu yang telah ditentukan atau setelah habis menggunakan obat yang sebelumnya namun tidak kunjung terdapat perbaikan. Mengenai bekas luka, pada beberapa orang bekas luka sukar untuk hilang sempurna -- umumnya memerlukan waktu beberapa minggu-berbulan bulan (ada yang berbekas kehitaman, jaringan parut, dsb) untuk menghilangkan bekas luka Anda dapat membaca artikel : menghilangkan bekas luka. 

    Kami sarankan Anda untuk menemui kembali dokter yang merawat Anda, agar dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut. Sementara ini kami sarankan untuk tetap menjaga kebersihan daerah tangan dan kaki, hindari menggaruk, jaga kebersihan tangan terutama bila kuku tangan Anda panjang (lebih berisiko menimbuklan luka dan menyisakan kotoran pada sela kuku tangan), hindari menggunakan krim/salep tanpa ada saran atau resep dari dokter, kelola stress dengan bijak, dan jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo