Tanya Dokter

  • obat untuk kutil kelamin

  • halo dok apakah kutil kelamin bisa terjadi pada perempuan yg belum pernah melakukan seks ..atau karna udara terlalu lembab dok!?…

    Halo,   Kutil kelamin merupakan infeksi yang terjadi dan disebabkan oleh virus Human Papiloma (HPV)  dengan strain tertentu. Virus ini menular dengan cara kontak langsung antara kulit dengan kulit penderita kutil kelamin, metode yang paling sering adalah dengan hubungan intim tanpa pengaman, seks oral / anal pada orang yang terinfeksi, berkontak langsung dengan kutil kelamin dengan cara memegang, menyentuh dll, juga bisa terjadi akibat kontak antara bayi dengan vagina ibunya yang terinfeksi melalui persalinan normal. Gejala dari kutil kelamin ini adalah :

    1. Timbulnya daging/ bintil seperti kutil atau kulit ayam.
    2. Berwarna kemerahan pada awalnya yang kemudian berubah menjadi kecoklatan,
    3. Biasa disertai rasa gatal
    4. Mengganggu penampilan estetik.
    Pengobatan kutil kelamin bisa didapatkan dengan :
    1. Metode topikal = pengobatan dengan obat topikal seperti imiquimod dll, Harus dilakukan oleh ahli / diajarkan terlebih dahulu untuk menghindari efek samping dari obat topikal ini. Biasa diberikan pada kutil kecil dan sedikit.
    2. Metode ablasi = laser, kauter, bedah beku dll bisa dilakukan oleh dokter berpengalaman untuk kutil yang banyak dan bergerombol.
    baca topik Kutil kelamin. Semoga membantu.   dr. Yusi