Tanya Dokter

  • Obat untuk kutil kelamin

  •  vincenmd
    Anggota
    Dok apakah kutil kelamin bisa diobati dengan cuka apel?

    Halo,

    Kutil kelamin merupakan benjolan yang terdapat pada daerah sekitar kemaluan. Penyebab penyakit ini adalah virus HPV (Human Papiloma Virus). Penularan terjadi bila terdapat kontak langsung (hubungan intim) maupun kontak tidak langsung (sex toy) terhadap penderita yang sudah terjangkit virus HPV.

    Paparan virus ini pada kulit pada akhirnya akan menghasilkan benjolan - benjolan kecil yang tersebar pada daerah kelamin, bersifat tidak nyeri dan seringkali menyebabkan keluhan gatal. Penyakit ini bukan merupakan penyakit yang berbahaya, namun tidak enak dipandang mata, dan bila sembuh penyakit ini seringkali akan berulang.

    Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit ini, dibedakan menjadi bedah dan non-bedah:

    - Non-bedah: obat-obatan topikal dengan zat kimia khusus, ablasi (membakar kutil dengan alat medis khusus)

    - Pembedahan: diangkat dengan menggunakan pisau bedah

    Secara medis, penggunaan cuka asam untuk menghilangkan kutil kelamin tidak diperbolehkan. Penggunaan cuka asam dapat mengakibatkan iritasi kulit, dan pada akhirnya menyebabkan rasa nyeri, kemudian timbul infeksi pada kulit. Secara medis penyakit akan bertambah parah dengan pemberian cuka asam.

    Untuk menghilangkan kutil kelamin yang Anda alami, Anda harus mengonsultasikan lebih dahuu ke dokter, dokter akan menentukan apakah kutil kelamin yang Anda alami dapat diobati tanpa pembedahan atau harus dengan pembedahan. Bila dokter menganjurkan pembedahan, Anda harus bertemu dengan seorang dokter bedah.

    Untuk diketahui, kutil kelamin dapat dicegah dengan cara:

    - hindari seks bebas, hubungan seks hanya dilakukan dengan pasangan yang sehat

    - tidak menggunakan barang pribadi bersama-sama dengan orang lain, misalnya celana dalam, handuk

    - vaksinasi HPV

    - penggunaan kondom

    Semoga bermanfaat,

    dr. Mira