Tanya Dokter

  • obat untuk mengeringkan luka bekas gatal

  •  Zen Zee
    Anggota

    dok.. saya Roji 19 thn, saya mau tanya sebelumnya saya terkena alergi gara" terlalu banyak makan mie instan dan telur ayam.. karena rasanya terlalu gatal, jd saya garuk sampai menyebabkan luka di bokong.... sampai saat ini, lukanya tidak kunjung kering.. saya minta solusi dok.. obat apa yang harus saya minum? terimakasih

    Halo, Luka akibat gatal yang terus berair mungkin sudah terinfeksi sehingga sulit kering. Dapat timbul nanah atau darah pada luka tersebut. Luka yang terus berair sebaiknya dirawat. Perawatan luka dapat dilakukan secara mandiri di rumah, misalnya dengan membersikan luka, mengompres luka menggunakan cairan antiseptik, kemudian menutup luka dengan kasa steril. Perawatan dapat dilakukan minimal sehari sekali. Akhir-akhir ini madu dapat digunakan sebagai antiseptik alami dengan menjaga kelembapan luka. Luka yang masih terus berair walaupun sudah dirawat sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter. Dokter akan menanyakan riwayat penyakit yang dapat memperlama penyembuhan luka, misalnya diabetes. Kemudian diberikan pengobatan sesuai kondisi luka. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

    • hindari pemicu gatal pada kulit, gatal tidak hanya disebabkan alergi namun dapat juga disebabkan keadaan lain, misalnya dermatitis, infeksi tungau (skabies)
    • hindari makanan pencetus alergi
    • hindari menggaruk luka karena dapat memperparah gejala
    • kenakan pakaian dalam yang longgar
    Diskusi terkait pertanyaan Anda: Luka garukan Semoga bermanfaat, dr.Mira