Tanya Dokter

  • Pengobatan mual yang tepat

  •  Syafari
    Anggota
    Pagi dok, saya mau bertanya untuk obat-obatan mual muntah yg diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk penerbang apa saja dok dengan alasan nya?

    halo,terimakasih telah berkonsultasi di alodokter.

    Jadi pada penerbang terdapat beberapa obat-obatan yang dikontraindikasikan,terutama saat pilot sedang menerbangkan sebuah pesawat. Sebelum mengkonsumsi obat-obatan ini,biasanya pilot akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bagian penerbangan.

    Obat-obatan yang aman digunakan harus memiliki syarat sebagai berikut: 1. Obat telah diteliti dan diberikan oleh dokter penerbangan 2. Obat tidak memiliki efek samping bagi penerbang 3. Efek tertunda (delayed effect) tidak mempengaruhi penerbang 4. Obat-obatan bagi penerbang umumnya dikelompokkan antara obat yang dikonsumsi saat tidak bertugas dan saat terbang.

    Mengenai pertanyaan anda,tentang obat-obatan mual/maag yang tidak diperbolehkan saat terbang adalah: 1. Domperidon 2. Metoklopramid 3. Dimenhidrinat 

    Obat-obatan ini tidak dianjurkan karena efeknya yang dapat mempengaruhi saat terbang. Selain dari obat-obatan yang dibolehkan dan tidak diperbolehkan,dari sisi medis yang paling penting adalah mencari penyebab dan diagnosa dari keluhan tersebut. Akan lebih baik bila sebelum anda menjalani tugas penerbangan,anda dapat memeriksakan diri ke dokter aviasi untuk mendapatkan pengarahan atau pemeriksaan sebelum terbang sebagai salah satu persyaratan.

    Demikian info yang dapat diberikan,salam dr. Celleen