Tanya Dokter

  • obat untuk penormalan hormon

  • slamat pagi dokter! saya seorang ibu(30) dari seorang putri(5). pada tahun 2010 saya melakukan operasi caesar. setelah masa nifas habis darah saya tetap keluar dan deras. sekitar 3 bulanan darah keluar tak kunjung stop. akhirnya saya konsul k dokter. dan beliau menyarankan saya untuk mengkonsumsi pil kb. namun darahnya jadi makin deras dari sebelumnya. lalu saya konsul lagi, disuruhlah saya untuk suntik kb 3 bln. alhamdullah darah langsung stop. setahun kemudian 2011, saya mens lagi. tapi dengan jmlh yg banyak dan lama. tanpa pikir lagi, saya langsung k bidan untuk suntik 3 bulanan. alhamdlh darahnya berhenti keluar. yg membuat saya bingung, sampai thn ini, sekitar 4 thnan saya tidak pernah mens.. padahal suntiknya cuma sekali aja(2011). ug mo saya tanyakan: 1. kalo kita tidak mens, kemana darah mens itu? apakah benar darah yg tdk keluar itu menggumpal mjd daging? 2. apa sih yg dimskdud dng hormon yg tdk normal? lalu apa penyebabnya? apakah ada hal sesuatu proses yg terjadi sewaktu saya ceasar(2010) yg mengganggu hormon? 3. jujur dok, skarang anak kami uda besar(5th) n dia uda minta adik, tapi ndak jadi2 adiknya.. trus gmn caranya hormon biar normal lg? trimakasih atas waktu n perhatiannya..

    Alkholisy van Duro  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Saya menyarankan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter ginekologi untuk mencari tahu penyebab Anda tidak lagi menstruasi. Berhentinya menstruasi sebelum mencapai usia 40 tahun disebut dengan menopause prematur. Berikut adalah kemungkinan penyebab menopause prematur:

    • ovarium yang gagal secara prematur
    • efek samping dari radioterapi atau kemoterapi
    • ovarium telah diangkat melalui operasi
    • komplikasi dari infeksi
    • gangguan genetika misalnya kromosom X yang tidak normal
    • gangguan pada produksi hormon estrogen akibat kekurangan enzim tertentu
    • penyakti autoimun seperti hipertiroidisme dan diabetes, dan lain-lain.
    Untuk mencari tahu alasan berhentinya menstruasi Anda selama 4 tahun terakhir, periksakan diri ke dokter. Selain pemeriksaan fisik, dokter akan melakukan tes medis seperti tes darah untuk memeriksa keseimbangan berbagai hormon dan USG panggul untuk memeriksa sistem reproduksi Anda. Anda tidak mens karena pertumbuhan lapisan rahim yang biasanya terjadi tiap bulan tidak terjadi pada Anda. Dan untuk mengetahui penyebabnya, Anda perlu periksa ke dokter. "Hormon yang tidak normal" bisa berarti tingkat hormon yang tidak seimbang atau adanya gangguan pada produksi hormon sehingga hormon yang terbentuk tidak sempurna. Mungkin saja operasi cesar yang Anda jalani menyebabkan kondisi Anda sekarang tapi hal ini perlu diperiksa oleh dokter secara langsung untuk dipastikan. Agar "hormon bisa normal lagi", periksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebab dasar dan pengobatan yang sesuai. Setelah kondisi dasar diobati dan Anda bisa menstruasi dengan normal lagi, tingkat kesuburan Anda akan kemabli normal dan Anda pun memiliki kesempatan untuk hamil. Konsultasikan mengenai rencana kehamilan Anda dengan dokter kandungan. Dr Liyadi