Tanya Dokter

  • Obat untuk penyakit gatal di sekitar kelamin pria

  •  anonymous
    Anggota

    Dok saya sefton.. laki laki berumur 16th.. Saya mau tanya dok tentang penyakit saya ini, saya sudah hampir 4 bulan ini mengalami gatal gatal di sekitar kelamin saya, padahal menurut saya saya cukup bersih dan tidak jorok, apa lagi saya tidak pernah berhubungan sex. Awal nya terasa gatal di sekitar pangkal paha atau selangkangan, lalu membentuk pulau kecik di area itu, saya pikir cuma iritasi biasa, tapi lama kelamaan semakin besar dan semakin besar sampa ke area belakang atau bokong atau pantat, lalu berberapa minggu lalu gatal nya menyebar sampai ke batang kelamin dan kantung testis saya, hingga kulit area gatal menjadi kehitam hitaman. Saya sudah coba berberapa obat jamur umum untuk mengobati nya tapi tak kunjung sembuh, hanya mengurangi rasa gatal nya saja. Saya ingin periksa ke dokter atau rumah sakit tapi biaya yang tidak mencukupi.. Tolong berikan solisi nya ya dok. Saya butuh sekali bantuan anda. Sekian pertanyaan saya.. Terima kasih dok :)

    Halo Sefton, Apakah selain kamu ada yang mengalami hal yang sama? Penyebab gatal pada kulit kelamin sangat bermacam-macam. Di antaranya adalah :

    Sangat sulit mendiagnosa apakah penyebab keluhan kamu tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Dokter perlu melihat lesi yang terdapat pada kulit kamu dan melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan kerokan kulit untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan kamu. Apakah kamu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS? Karena memeriksakan diri dengan menggunakan BPJS tidak akan dikenai pungutan biaya. Atau jika tidak, silahkan memeriksakan diri ke puskesmas terdekat yang biayanya lebih terjangkau. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan :
    • Membersihkan penis kamu setelah BAK
    • Rutin mengganti pakaian dalam
    • Hindari menggunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat
    • Hindari menggaruk
    • Meminum obat pereda gatal
    Silahkan menyimak diskusi berikut tentang gatal pada alat kelamin Semoga membantu, dr. Tri

    Nanti kalo ke rumah sakit atau puskesmas..saya malu dok kalo di periksa punya saya..untuk pemeriksaan dokter laki atau cowo? Mungkin ada solusi lain dok..trimakasih