Tanya Dokter

  • mata merah setelah menggunakan obat tetes mata pada penderit glaukoma

  •  rudi.priyadi
    Anggota

    Selamat Pagi Dok,

    Dok saya ingin bertanya apakah ada obat untuk penyakit glaukoma ? karena istri saya baru diberitahukan oleh dokter Mata bahwa istri saya terkena penyakit tersebut. Dokter mata memberikan obat tetes dan obat untuk diminum tetapi setelah mengunakan obat tetes tersebut mata istri saya mengalami kemerahan ( apakah ini proses dari obat tetes tersebut?)Tolong solusinya dok, saya ucapkan terima kasih

    Halo,

     

    Glaukoma adalah sebuah kondisi penyakit pada mata dimana terjadi peningkatan tekanan dalam bola mata yang dapat merusak saraf mata dan tentunya mengganggu penglihatan.

    Glaukoma bisa dibedakan menjadi 2 yaitu :

         Glaukoma akut yaitu kondisi glaukoma yang terjadi mendadak ditandai dengan merah pada mata, bengkak, nyeri mata kuat dan penglihatan akan menurun dengan sangat drastis dan menyebabkan kebutaan mendadak.

         Glaukoma kronis dimana kondisi glaukoma terjadi perlahan sehingga sering sekali tidak disadari oleh penderita dna bisa menurunkan lapang pandang hingga terjadi kebutaan.

     

    Glaukoma bisa ditangani dengan metode :

    1. Obat minum

    2. Obat tetes.

    3. Operasi dan atau laser.

    Beberapa jenis obat minum dan obat tetes memang dapat menyebabkan efek samping mata merah,bengkak dll. Namun untuk menghindari komplikasi yang tidak menyenangkan maka sangat disarankan untuk Anda melakukan konsultasi kembali ke dokter mata karena mata merah paska pemberian obat tersebut. Efek samping yang timbul tersebut bisa menyebabkan keluhan dan kondisi medis lain yang justru lebih membahayakan penglihatan Anda.

    Semoga bermanfaat.

     

    dr. Yusi