Tanya Dokter

  • Pigmen berwarna putih di kaki

  • Dok .. sy mau tny .. papa sy awal ny muncul putih2 di bagian kaki tp lama kelamaan mengebar ke seluruh tubuh .. ap it yg dinamakan penyakit pigmen ? Lalu apa obatnya ? Trrimakasih

    Halo Maria, 

    Mungkin saja yang ayah Anda alami adalah penyakit pigmen yang bernama vitiligo. Meski begitu, masih ada kemungkinan lainnya seperti infeksi jamur, pitiriasis alba, psoriasis atau penyakit lain sehingga perlu pemeriksaan langsung. 

    Warna kulit, rambut, bulu, dan mata manusia ditentukan oleh suatu pigmen yang bernama melanin. Pada penyakit vitiligo, sel-sel yang memproduksi melanin berhenti berfungsi atau mati. Sebab pastinya mengapa bisa terjadi demikian belum diketahui secara pasti, namun diduga ada hubungannya dengan keturunan, penyakit autoimun (imunitas tubuh sendiri yang merusak sel-sel pembentuk melanin) atau adanya pemicu misalnya terbakar sinar matahari atau terpapar bahan kimia tertentu. 

    Gejala dari vitiligo tergantung tempatnya, vitiligo bisa mengenai seluruh bagian tubuh yang berpigmen. Bila pada kulit tubuh, terdapat bercak putih yang semakin meluas. Jika terjadi pada mata maka akan terjadi perubahan warna mata, dan jika terjadi pada kulit kepala maka akan terjadi perubahan warna rambut menjadi beruban tidak rata. 

    Vitiligo ada 3 tipe: 

    • Generalized, mengenai banyak bagian tubuh dan biasanya simetris, misalnya diawali kaki kanan dan kiri kemudian meluas
    • Segmental, terkena sebagian tubuh atau separuh tubuh. Biasanya terjadi pada usia yang lebih muda, dan progressnya berhenti dalam satu hingga dua tahun
    • Fokal, terjadi pada sedikit bagian tubuh 

     

    Pengobatan vitiligo sulit dan membutuhkan waktu lama, dan biasanya sifatnya sementara. Bisa digunakan krim steroid, vitamin D dikombinasikan dengan terapi sinar. Pada keadaaan tertentu dibutuhkan operasi pencangkokan kulit. Dokter spesialis kulit akan menentukan penanganan yang sesuai dengan keadaan ayah Anda. 

    Agar tidak terjadi perburukan, gunakan tabir surya dengan kekuatan minimal SPF 30. Berilah dukungan psikologis pada ayah Anda karena seringkali terjadi stress atau rendah diri karena perubahan penampilan. 

    Baca juga artikel: Vitiligo

    Salam, 

    dr. Mega