Tanya Dokter

  • obat untuk rematik sendi tulang

  • hallo.dok, apakah obat untuk menghilangkan rematik sendi tulang tapi ada gangguan alergi obat yg tidak bisa di pakai sperti paracetamol ,asam mafenamat, sebaiknya obat apa yang cocok dok..

    Hai,   Jika Anda memiliki alergi obat pada paracetamol dan asam mefenamat maka sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi sembarang obat bebas. Saran saya konsultasikan pada dokter ahli tulang mengenai kondisi rematik Anda dan alergi Anda sehingga dokter dapat menangani dengan tepat permasalahan Anda sekaligus memberikan obat yang sesuai dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Beberapa alternatif terapi  yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi rematik sendi adalah :

    1. Fisioterapi
    2. OAINS = obat anti inflamasi non steroid seperti natrium diklofenak, meloxicam, piroxicam, celexocib dll. Konsultasikan dengan dokter tulang Anda sebelum mengkonsumsi obat ini untuk mencegah reaksi alergi.
    3. Kompres es
    4. Krim oles seperti metil salisilat dll
    5. Penggunaan joint splints (verband khusus)
    6. Kortikosteroid. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi.
    7. Obat pereda nyeri golongan narkotika. Merupakan obat resep dokter.
    8. Obat anti rematik yang merupakan obat resep dokter.
    Konsultasikan keluhan Anda kepada dokter. Orang yang memiliki riwayat alergi sebaiknya mengkonsumsi obat sesuai pilihan dan anjuran dokter untuk mencegah reaksi alergi yang berbahaya. Semoga membantu.   dr. Yusi