Tanya Dokter

  • Obat untuk sakit otot

  •  Dinahrusyanaj
    Anggota
    Dok ayah saya umurnya sudah 58 ,kemarin jatuh dr sepeda, paha samping kanan bagian luar nya sakit karna benturan sama perbatasan antara aspal sama tanah. Terus sudah saya kompres dengan es. Sudah 4 hari cenut cenut hebat di kaki nya kambuh setiap tengah malam saja. Sudah di bawa ke dokter juga, memang sudah mendingankaki nya sudh bisa melangkah dibantu alat bantu jalan, sebelumnya diseret terus kakinya gabisa melangkah. Hanya kalo lagi kambuh cenut cenut hebat di pahanya bikin saya panik dok. Tindakan apa yg tepat untuk cepat meredam cenut2 di paha ya dok?

    Hallo Dinahrusyanaj, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Sebelumnya yang ingin saya tanyakan, pada saat dilakukan pemeriksaan ke dokter apakah sudah dilakukan juga pemeriksaan foto rontgen kaki ? apakah hasilnya baik tidak ditemukan adanya fraktur atau patah tulang ? apakah ditemukan juga adanya lecet atau luka terbuka pada paha tersebut ? apakah saat ini masih ditemukan adanya pembengkakan atau memar pada kaki tersebut ? apakah ayah anda juga pernah melakukan urut atau pijat pada bagian kaki yang sakit ?

    Nyeri yang hingga saat ini masih dirasakan oleh ayah anda pasca terjatuh dari sepeda tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal :

    • Peregangan berlebih otot (strain otot)
    • Trauma atau cedera otot
    • Peradangan jaringan lunak terutama pada paha
    • Patah tulang atau retak tulang atau fraktur tulang paha

    Diperlukan penggalian yang lebih mendalam lagi mengenai keluhan dan riwayat kesehatan yang ayah anda alami. Selain itu diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan rontgen paha untuk dapat menegakkan diagnosis pasti keluhan yang ayah anda alami. Jika sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan sudah dilakukan foto rontgen dan hasilnya bagus (tidak ditemukan adanya tanda patah atau retak pada tulang), kemungkinan nyeri yang hingga saat ini masih dirasakan disebabkan karena bagian jaringan lunak seperti otot paha ayah anda masih mengalami peradangan.

    Jika hingga saat ini masih terus terasa nyeri pada bagian kaki atau sebelumnya belum dilakukan pemeriksaan foto rontgen pada kaki ayah anda, sebaiknya periksakan kembali kondisi kesehatan ayah anda ini ke dokter atau dokter spesialis bedah tulang atau orthopedi untuk dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi nyeri :

    • Usahakan letak kaki yang mengalami sakit lebih tinggi pada saat tidur
    • Hindari aktivitas fisik berlebih atau bertumpu pada kaki yang sakit saat beraktivitas
    • Hindari tindakan urut atau pijat tulang pada bagian kaki yang sakit
    • Anda dapat membantu dengan mengompres dengan air dingin
    • Ayah anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dapat dijual bebas diapotik tanpa resep dokter seperti ibuprofen

    Semoga informasi ini bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina