Tanya Dokter

  • Obat untuk sakit siku tangan kanan

  •  gbinilang
    Anggota

    Halo dok,

    Siku kanan saya sakit kalau digerak-gerakan dan juga kalau mengangkat benda. Ini sudah berlangsung seminggu. Saat ini saya pakai obat gosok krim  "Neo Rheumacyl". Umur saya 67 thn. Saya coba ke apotek untuk periksa kadar gula darah dan asam urat. Hasilnya :

    1. Gula darah pp = 148

    2. Asam urat = 8.8 (max  7) untuk pria

    Mohon penjelasan dari dokter. Terima kasih dok.

     

     

     

    Halo gbinilang.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika dilihat dari nilai hasil laboratorium asam urat Anda yang cukup tinggi, kemungkinan timbulnya rasa sakit pada Siku disebabkan oleh karena penyakit asam urat atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai gout.

    Orang yang terkena serangan penyakit asam urat umumnya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit akan berlangsung selama kurang lebih 10 hari. Biasanya akan timbul pembengkakan disekitar sendi dan pada tahap ini penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

    Selain oleh karena penyakit asam urat, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : osteoarthritis, rheumatoid arthritis, efek samping obat - obatan tertentu yang memicu timbulnya hal ini, kerusakan tulang rawan, dan lain sebagainya.

    Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, hindari makan makanan pemicu penyakit asam urat, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, turunkan berat badan jika obesitas.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI PENDERITA ASAM URAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati