Tanya Dokter

  • Obat untuk sakit telinga/pendengaran berkurang.

  •  Yadisimbolon
    Anggota
    Pagi dok, kmarin saya baca jawaban dokter di salah satu pertanyaan yg bertanya tentang sakit telinga. Lalu dokter jawab begini ""Apabila penyebab gendang telinga robek adalah infeksi telinga bagian tengah, maka pemberian obat antibiotik dan anti radang dapat menyembuhkan infeksi tersebut sehingga proses penyembuhan gendang telinga dapat terjadi lebih cepat. Obat anti nyeri diberikan untuk mengurangi rasa sakit pada telinga. Gendang telinga yang robek biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu hingga 3 bulan untuk menutup dengan sempurna dengan sendirinya."" Saya mau tanya obat nya itu seperti apa dok? Tablet kah? Kalau bisa kasih tau nama obat nya dok biar bisa saya beli ke apotik langsung. Soal nya gendang telinga saya juga bermasalah setelah saya korek terlalu dalam. Tolong di jawab ya dok. Makadih..

    Halo

    Gendang telinga yang robek karena infeksi/radang telinga tengah memang memerlukan penanganan obat antibiotik oral (tablet/kapsul). Obat antibiotik termasuk kategori resep dokter (bukan obat bebas) sehingga Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakannya. 

    Untuk kasus Anda sendiri saran saya adalah sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu ke dokter. Dokter nantinya akan melihat dengan alat teropong telinga untuk menilai apakah gendang telinga Anda masih utuh atau sudah robek. Dari pemeriksaan sederhana tersebut juga dapat dinilai ada tidaknya kelainan pada liang telinga. Penanganan terbaik nantinya baru akan diberikan dokter jika sudah ditemukan masalah utamanya. Memberikan terapi tanpa mengetahui penyebab tentu tidaklah baik atau bahkan beresiko. Sebelum ke dokter  sementara ini sebaiknya Anda tidak mengorek telinga dulu dan juga jangan berenang sampai dipastikan gendang telinganya masih atau tidak.

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil