Tanya Dokter

  • Penanganan berkemih yang berlebihan

  • Dok, nama saya putri Saya sudah 1,5thun mengalami sering buang air kecil Terkadang malam hari saya buang air kecil 30 kali Saya sudah periksa kedokter spesialis bagian dalam 1 tahun yg lalu Katanya itu cuman otot perut saya lemah, disarankan berolahraga memperkuat otot perut saya dok Setelah itu sampai skrng tidak ada perubahan dok Saya curiga saya kena ISK Setelah tes urin hasilnya negatif dok Mnrut dokter ini penyakit apa dok.?

    Halo Putri,terimakasih telah berkonsultasi di alodokter.
    Pada pertanyaan anda,frekuensi BAK yang meningkat dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor eskternal seperti frekuensi minum anda atau konsumsi makanan yang mengandung banyak cairan,serta dapat disebabkan oleh pemakaian obat-obatan tertentu serta kondisi medis yang mendasari seperti diabetes. Beberapa penyebab meningkatnya frekuensi BAK:
    1. Psikosomatis
    2. Kehamilan
    3. Infeksi saluran kemih
    4. Ketidak mampuan otot buli untuk kontraksi
    5. Kandung kemih yang terlalu aktif
    beberapa penanganan sementara ini dapat anda lakukan:
    1. Manajemen stress
    2. Makan makanan yang bergizi
    3. Menakar jumlah cairan yang diasup
    4. Berkonsultasi kembali ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh seperti pemeriksaan fisik,penunjang (pemeriksaan urinalisa,serta pemeriksaan darah maupun USG).  Karena pengobatan biasanya akan dilakukan sesuai dengan penyebab yang mendasari. Demikian info yang dapat diberikan,semoga menjawab bermanfaat.Salam dr. Celleen