Tanya Dokter

  • Obat utk bibit pecah-pecah?

  •  Grace Then
    Anggota

    Yth Alodokter,

    Saya skg berumur hampir 20 tahun. Sejak umur 15 tahun, bibir saya tiba2 pecah dan tdk pernah dapat diselamatkan. Sdh mencoba madu, sdh mencoba produk mahal, sdh mencoba obat dokter, semuanya cuma efektif saat awal doang. Pernah sekali cobain obat bibir teman, bibir memang tidak kering dlm 2 minggu, tetapi saat kering lg dan memakai obat itu lg, obat itu tidak lagi efektif. Apakah mgkn bibir saya terkena virus? Saya sangat malu dgn keadaan bibir saya yg hampir tdk pernah normal ini.. Terima kasih..

    Grace Then  Grace Then
    Anggota

    Tambahan: saya minum air 1.5-2 liter sehari, saya sering memakai lip balm utk menutupi bibir pecah-pecah saya, namun bibir malah tampak seperti banyak gumpalan lilin menempel. Memakan buah sebanyak apapun juga tidak efektif untuk bibir saya. Saya tahu tentang tidak boleh menjilat bibir, jd saya sangat jarang melakukan hal tersebut.

    Grace Then  Grace Then
    Anggota

    Saya jg memakai pasta gigi Enzim yg tidak berdeterjen.

    Halo,   Bibir pecah pecah merupakan masalah yang bisa dialami siapa saja, untuk mengurangi bibir pecah pecah Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara dibawah ini :

    1. Jaga tingkat hidrasi = bibir merupakan bagina yang paling cepat kering karena memiliki kulit tipis dan tidak berkelenjar seperti kulit lainnya pada tubuh kita. Dengan banyak minum air putih ( hindari soda, kopi, teh, alkohol dll) diharapkan tingkat hidrasi tubuh cukup baik sehingga bibir tidak akan terlalu kering.
    2. Gunakan tabir surya khusus bibir jika Anda beraktivitas di luar rumah = lipbalm saja tidak cukup untuk melindungi bibir dari sinar matahari (UV). Paparan lama terhadap sinar matahari bisa membuat bibir semakin kering dan berwarna kehitaman. Oleskan beberapa kali dalam sehari terutama jika Anda banyak minum.
    3. Gunakan lipbalm yang mengandung gliserin = carilah lipbalm yang hipoalergenik, tidak berwarna dan  tidak berbau parfum yang menyengat.
    4. Hindari kebiasaan merokok
    5. Hindari kebiasaan menjilat bibir, menggigit bibir dll.
    6. Hindari pemicu alergi = alergi bisa membuat kondisi bibir Anda bertambah buruk. Kenali faktor alergen Anda dan hindari sejauh mungkin.
    7. Hindari makanan pedas dan asam
    8. Berhati hati mengkonsumsi obat tertentu yang bisa membuat tubuh menjadi kering seperti obat pelangsing, obat diuretik, obat alergi, obat jerawat dll.
    9. Bernafas melalui hidung.
    10. Perbanyak vitamin B dan C alami dari sayur dan buah.
    11. Gunakan masker bibir yang melembabkan.
    12. Hindari penggunaan lipstik terutama yang membuat bibir kering seperti lipstik matte, tatto lipstik dll.
    Jika dengan cara diatas kondisi bibir Anda masih belum membaik maka segera hubungi dokter kulit Anda untuk pemeriksaan seksama dan penanganan optimal. Baca topik Bibir kering. Semoga bermanfaat.   Dr. Yusi