Tanya Dokter

  • obat vertigo

  •  Een Pertiwy
    Anggota

    Siang dok... Dok, sya mau tanya.. Obat apa sja yg hrus di konsumsi penderita vertigo.. Dan apa untuk menghilangkan vertigo hanya dpat dg terapi saja.. Mohon penjelasannya dok Trimakasih

    Selamat malam, Vertigo merupakan suatu sensasi berputar dimana penderitanya merasakan pusing seperti berputar atau merasa di sekelilingnya seperti berputar dapat disertai mual dan muntah. Vertigo dibedakan berdasarkan organ yang menyebabkan :

    • Vertigo sentral biasanya disebabkan oleh gangguan pada batang otak dan serebelum.
    • Vertigo perifer biasanya disebablan oleh gangguan pada pusat keseimbangan di telinga dalam.
    Pengobatan pada vertigo tergantung dari penyebabnya, umumnya dalam banyak kasus vertigo dapat hilang sendiri tanpa pengobatan oleh karena otak mampu beradaptasi dan mengandalkan mekanisme lain untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Namun bagi beberapa lain diperlukan pengobatan seperti :
    • Rehabilitasi vestibular suatu terapi fisik yang umumnya dianjurkan pada penderita yang mengalami serangan vertigo berulang. Tujuannya adalah untuk mengurangi pusing, meningkatkan keseimbangan dan mengembalikan fungsi vestibular.
    • Teknik reposisi kanalit atau manuver epley metode yang digunakan untuk BPPV (Vertigo Posisi Paroksismal Jinak) dokter (terapis) memandu penderita untuk menggerakkan kepala dan tubuh tertentu.
    • Obat-obatan harus diberikan dibawah pengawasan dokter dan tujuannya adalah untuk meringankan gejala seperti : obat anti mual dan muntah, obat antihistamin ( cinnarizine, prometazin), antibiotik jika disebabkan oleh infeksi.
    • Pembedahan.
    Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan mengetahui jenis vertigo yang di alami sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes medis lain seperti tes darah, keseimbangan, pendengaran bahkan mungkin CT-Scan jika diperlukan. Baca artikel terkait : pengobatan vertigo semoga bermanfaat, dr. Rievia