Tanya Dokter

  • Penggunaan obat vitacid terhadap wajah yang berjerawat

  •  ekosantana
    Anggota

    siang dok permisi saya mau nanya dok muka saya berjerawat. sudah paki obat bermacam2 dan konsultasi ke dokter. mulai dari pakai cream hingga pelling menggunakan serum. tapi hasilnya masih sama saja dok ini saya baca di google menggunakan vitacid dapat mengobati jerawat. saya sudah menggunakan vitacid 0.025%. hasilnya muka saya makin menjadi dok. jerawat yg tidak ada menjadi tumbuh dan masak (jerawat terdapat mata putih). apakah penggunaan vitacid seperti itu dok? mohon pencerahannya dok.

    ekosantana  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Ekosantana, Jerawat atau acne merupakan penyumbatan folikel rambut yang mengandung sel-sel penghasil minyak oleh sel-sel kulit mati. Jerawat sangat dipengaruhi oleh peningkatan produksi minyak, tumpukan sel-sel kulit mati, infeksi bakteri, dan peradangan akibat sumbatan pori-pori kulit. Berikut adalah artikel dan diskusi mengenai jerawat

    Vitacid 0,025% mengandung asam retinoat topikal yang merupakan bahan iritan untuk mengelupaskan kulit. Meskipun dijual secara bebas, obat ini diketahui dapat menyebabkan beberapa efek samping (tergantung pada kerentanan masing-masing individu), yaitu :
    • >10% pengguna mengalami kemerahan pada wajah, pengelupasan kulit, dan gatal
    • sekitar 1 - 10% mengalami sensasi kulit seperti terbakar, perih, seperti tersengat
    • <1% mengalami fotosensitivitas (sensitivitas terhadap cahaya)
    Oleh karenanya, harus digunakan secara hati-hati sesuai dengan ketentuan yang tercantum atau sesuai dengan petunjuk dokter. Jika area yang teriritasi meluas, disertai dengan munculnya papul (penonjolan berisi zat padat misal komedo) dan pustula (gelembung berisi nanah) dalam jumlah besar, maka sangat disarankan menghentikan penggunaan obat dan segera memeriksakan diri ke dokter sehingga akan mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi jerawat Anda (baca tautan diskusi di atas mengenai macam-macam jerawat). Demikian, semoga membantu dr. Rico Novyanto

    ekosantana  ekosantana
    Anggota

    pada saat pemakaian pertama 0.025% terjadi banyak pengeluaran bintik nanah dok. sudah saya pakai lebih kurang 4hari skrg saya sudah pakai ke 0,1% dok karna saya baca google kalau jerawat yang hampir penuh di muka mesti pakai yg 0.1% dok jadi menurut dokter bagaimana?

    ekosantana  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Eko, Kembali lagi ke penyebab jerawat, yaitu :

    • peningkatan produksi minyak
    • penumpukan sel kulit mati
    • infeksi bakteri
    • peradangan sumbatan pori
    Macam jerawat dan penanganannya adalah :
    • jerawat biasa berupa benjolan kecil, merah, dan nyeri. Penanganan yang dapat diberikan berupa : menjaga kebersihan wajah dan pola makan sehat (hindari makanan terlalu manis atau berminyak), beberapa krim antiperadangan mungkin dapat membantu
    • jerawat komedo berupa bintik-bintik hitam atau putih. Penanganan dengan krim membersihkan wajah dan melepaskan sumbatan pori,  terkadang memerlukan bantuan ekstraktor komedo (sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis kulit)
    • jerawat kistik/ konglobata merupakan jerawat berukuran besar disertai dengan infeksi akut dan sulit dihilangkan. Umumnya memerlukan antibiotik oral/ intralesi, ditambah dengan krim (sangat disarankan menemui dokter spesialis kulit)
    Dari deskripsi kondisi Anda, peradangan jerawat telah mengalami infeksi yang ditandai dengan pembentukan pus (jerawat masak). Dalam kondisi ini sebaiknya tidak menggunakan salep yang justru menambah iritasi pada wajah (bahan iritan) dan segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai (mungkin memerlukan antibiotik oral/ topikal ataupun krim antiperadangan) Beberapa anjuran untuk mengurangi keparahan :
    • bersihkan wajah dengan sabun berbahan lembut, 2x/ hari
    • bersihkan wajah dengan lembut, jangan menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi dan memperparah jerawat
    • hindari penggunaan sabun pembersih wajah yang mengandung scrab karena dapat menyebabkan iritasi
    • jangan memencet jerawat
    • hindari makanan berminyak
    • banyak konsumsi buah dan sayur
    • minum air putih minimal 8 gelas per hari
    • istirahat cukup
    Demikian, semoga tercerahkan dr. Rico Novyanto

    ekosantana  ekosantana
    Anggota

    begitu ya dok terimakasih pencerahaannya dok

    ekosantana  Yoong Mberlang
    Anggota

    Pengalaman, saya pake vitacid sudah 1 bulan kdar 0,1.. Memang awal pemakain 1-3 minggu mengalami yg namanya purging, ditandai muka smkin banyak jerawat bernanah yg sbelumnya tidak muncul jrwt jdi muncul k permkaan, kulit mnegelupas dan perih. tpi setelah itu semua jerwat kering tinggal bekasnya katanya untuk hasinl yg optimal bebas bisa sampe 6blan, ini tinggal bekas jrwat warna merah udah q stop pake vitacid.. Kalo bekas jerawat warna merah menghilnagkan pake apa ya dok?

    Saya juga pake vitacid 0,25, ini sudah hari ke 3. Di hari pertama ada afek aga itchy gitu pada area jerawat (kebetulan saya punya 4 jerawat. Hehe) dan masih tumbuh satu jerawat lagi di hari pertama penggunaan vitacid. Sedangkan 3 dari 4 jerawat yg pertama udah berwarna putih, jadi saya pecahin deh. Di hari ke 2 g ada efek apa2 kecuali tumbuh 1 jerawat lagi dan jerawat sebelumnya mateng. Di hari ke 3 ini g ada efek apa2, tapi tadi pas saya nangi, air mata bikin pipi says agaka perih.