Tanya Dokter

  • mual dan pusing setelah konsumsi obat

  • Pagi dok , saya mau tanya dong saya kn hamil 2bln trs ada kista 6cm jd di kasih obat maltiron plus sma DHA tapi setiap kali menkomsumsi obat tersebut saya merasa tidak nyaman seperti pusing mual hebat dan akhir2 ini tiap konsumsi obat tersebut selalu muntah dan udh brp hari saya gak konsumsi obat itu lagi , jd apa yg harus saya lakukan ? Paksakan minum obat atau berhenti minum obat ?

    Nhinu Fitria Guntari  dr. Danny
    Dokter

    Hai... Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, obat yang diberikan kepada Anda itu bukanlah obat untuk kista, melainkan vitamin yang diberikan untuk perkembangan janin dalam kandungan Anda. Kista yang Anda alami mungkin sudah diperiksa dan dianggap tidak mengganggu pada kehamilan Anda. Kista tidak berbahaya pada umumnya, tetapi bisa mengganggu kandungan tergantung dari letaknya dan ukurannya. Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin terhadap kandungan Anda dan kondisi kista yang Anda alami dan mengkonsultasikan hasil pemeriksaan Anda terhadap dokter kandungan yang memeriksa Anda. Untuk kasus mual-mual yang Anda alami itu merupakan kondisi penyakit mual muntah hebat dalam kehamilan atau yang disebut hiperemesis gravidarum. Hiperemesis gravidarum adalah mual muntah pada masa kehamilan yang gejalanya lebih parah dibandingkan dengan morning sickness. Morning sickness biasanya gejala muncul pada pagi hari, pada hiperemesis gravidarum (HEG) gejala bisa muncul sepanjang hari, gejalanya :

    • mual muntah secara berkepanjangan
    • pusing
    • sakit kepala
    • sulit menelan makanan atau minuman
    • mengeluarkan air liur secara berlebihan
    • sensitif terhadap bau-bauan
    Kondisi HEG ini bisa menyebabkan kehilangan berat badan, dehidrasi, gangguan pertumbuhan pada janin, Anda sebaiknya melakukan pengobatan segera ke dokter agar tidak berkomplikasi dan menyebabkan gangguan pada janin dan kandungan Anda, kadang-kadang jika mual-muntah parah perlu perawatan/ rawat inap. Penanganan untuk kasus HEG biasanya diberi obat anti mual dan anti muntah, multivitamin pada beberrapa kasus memperberat rasa mual, sehingga penggunaan obat yang Anda konsumsi sebelumnya perlu dikonsultasikan ulang. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan :
    • hindari aroma atau hal-hal yang dapat memicu mual
    • cukup istirahat
    • kurangi aktifitas
    • banyak minum
    • baca hal terkait HEG
    Semoga membantu, terimakasih dr. Danny