Tanya Dokter

  • alergi tetap kambuh

  •  Emi Gultom
    Anggota

    haloo..mau tanya aja,alergi itu menyebar ke seluruh tubuh gk sih??? soal nya aku alergi seafood sma ikan laut kata dokter nya jgn dimakan supaya gk kambuh,,tapi masih aja kambuh itu kenapa ya? :D

    Hai, Alergi pada dasarnya merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu zat yang umumnya dianggap normal oleh sistem kekebalan tubuh orang lain. Zat atau bahan yang memicu timbulnya suatu reaksi alergi disebut 'alergen'. Pemicu terjadinya alergi (alergen) dan juga reaksi alergi yang timbul pada tubuh setiap orang dapat berbeda-beda. Berikut merupakan beberapa gejala yang dapat timbul saat reaksi alergi muncul :

    • Ruam / bentol kemerahan pada kulit, dapat terjadi di bagian kulit tubuh mana saja
    • Bengkak pada bibir
    • Bengkak pada mata, mata merah dan berair
    • Bengkak pada wajah
    • Bersin-bersin
    • Batuk-batuk
    • Jika alergi sangat parah, dapat menyebabkan bengkak pada tenggorokan sehingga napas tersumbat
    Alergen yang dapat menimbulkan alergi pada setiap orang juga beragam, seperti makanan, minuman, obat, tungau debu, bulu hewan, dan lainnya. Cara penting untuk menghindari munculnya reaksi alergi adalah dengan cara menghindari paparan terhadap alergen yang memicu timbulnya alergi pada tubuh Anda. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah :
    1. Mencatat hal yang Anda lakukan / makanan yang Anda makan sebelum munculnya alergi, sehingga Anda bisa memperkirakan apa yang memicu alergi pada diri Anda dan menghindarinya untuk ke depannya. Pada kasus  Anda, mungkin Anda memiliki pemicu alergi lain selain seafood dan ikan laut, jadi ada baiknya Anda mulai menerapkan cara ini untuk mengetahuinya
    2. Membaca label kemasan makanan dengan teliti untuk mengetahui kandungan apa saja yang terkandung di dalamnya
    3. Menanyakan bahan makanan yang digunakan untuk memasak suatu makanan sebelum memesan makanan tersebut di kedai makan
    4. dan lainnya
    Sebaiknya Anda temui kembali dokter Anda jika alergi masih sering terjadi dan bawa catatan Anda mengenai hal yang mungkin memicunya. Dokter mungkin akan memutuskan untuk melakukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti tes pada kulit dan tes darah. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai alergi Anda dapat membuka halaman berikut : Alergi   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.