Tanya Dokter

  • gigi masih berdarah dan demam setelah cabut gigi untuk pasang behel

  • malam doc. saya punya keluhan dgn perawatan gigi..sebelum menggnkn behel.saya di cbt gigi rahang 2 dan gigi bawah saya 1.permasalahanx gigi saya masih berdarah dan merasakan demam panas 2 hari..sehingga proses psg behelx blm di lakukan sepenuhx. pertayan saya?apakah yang saya rasakan ini butuh perobatan lanjut..

    Halo Agustina, Setelah mencabut gigi biasanya dokter gigi menggunakan kassa untuk menghentikan perdarahan. Selain itu bila perlu dapat saja diberikan obat minum untuk membantu menghentikan proses perdarahan. Luka bekas cabut gigi memerlukan waktu untuk proses penyembuhannya namun sebaiknya Anda kontrol kembali ke dokter gigi yang memeriksa dan menangani Anda untuk menanyakan perihal darah yang masih keluar tersebut. Dokter gigi dapat melakukan tindakan medis seperti misalnya menjahit bekas luka untuk menghentikan perdarahan apabila memang dibutuhkan. Keluarnya darah secara terus menerus pasca pencabutan gigi dapat disebabkan oleh hal-hal berikut :

    • Gangguan pembekuan darah
    • Dry socket
    • Pengaruh obat-obatan (misalnya obat antikoagulan)
    dan lain-lain Demam yang terjadi dapat saja berkaitan dengan proses pencabutan gigi namun tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh hal-hal lain yang terjadi kebetulan berbarengan dengan proses pencabutan gigi tersebut. Berikut ini artikel yang membahas lebih lengkap mengenai demam : Demam Langkah yang dapat Anda lakukan setelah proses pencabutan gigi selesai antara lain :
    • Menggigit kassa yang digunakan untuk menghentikan perdarahan, apabila kassa tersebut basah oleh darah dapat diganti dengan kassa steril lainnya.
    • Memakan makanan yang cair (misalnya sup) baru ditingkatkan secara bertahap ke makanan padat.
    • Ganjal kepala dengan bantal ketika berbaring.
    • Hindari menghisap lubang bekas cabut gigi atau meludah yang terlalu keras karena dapat mengeluarkan darah yang telah membeku dan memicu perdarahan.
    Berikut artikel yang membahas mengenai cabut gigi : Proses Pencabutan Gigi Sebaiknya langkah pengobatan lebih lanjut didiskusikan dengan dokter gigi yang menangani Anda karena memerlukan pertimbangan mengenai kondisi medis pasien.   Semoga bermanfaat, dr.Debby Phanggestu