Tanya Dokter

  • Pengaruh hubungan seks dengan gatal di bagian bibir vagina

  •  Putri Apriani
    Anggota

    Dok, apakah gatal pada bagian bibir vagina atau sekitar sela paha dan pada bagian bulu vagina ada pengaruhnya dengan berhubungan seks?

    Putri Apriani  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Masalah pada daerah organ intim erat kaitannya dengan kebersihan organ intim atau penyakit menular seksual. Terkait kebersihan adalah :

    • Masalah infeksi jamur baik di vagina maupun di kulit sekitar vagina. infeksi jamur dapat menyebabkan keputihan atau rasa gatal terutama pada kondisi panas dan berkeringat.
    • Infeksi bakteri, menyebabkan gangguan atau gejala berupa keputihan.
    • Iritasi bahan-bahan pembalut, panty liner, celana dalam ataupun celana juga dapat menyebabkan rasa gatal.
    • Pedikulosis pubis (kutu rambut) dapat menyebabkan rasa gatal hebat di sekitar vagina. Terjadi karena kurangnya kebersihan dan karena kontak erat dengan seseorang yang memiliki kutu tersebut (misal saat berhubungan seksual, dll)
    Terkait penyakit menular seksual gejala umumnya  berupa keputihan, gatal pada vagina dan sekitarnya, rasa perih, bau tidak enak, rasa nyeri atau tidak nyaman di perut bagian bawah atau saat sedang berhubungan seksual, dll. Kondisi tersebut terjadi  akibat infeksi jamur, bakteri, atau parasit yaitu pada kondisi candiasis vulvovaginal, bakterial vaginosis, trichomonas vaginalis, chlamydia trachomatis, Gonorea, dll. Maka perlu dipastikan apa penyebab gatal yang Anda alami. Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter agar dapat diperiksa secara langsung dan diberikan obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Gejala dan Potensi Penyakit Pada Vagina Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.