Tanya Dokter

  • keputihan kental hingga kekuningan

  • Malam dok umur aku 14 tahun.. Waktu 2 atau 3 bln lalu sya mengalami keputihan. Ciri"nya kelutihannya kadang berwarna putih kental dan kadang warnah kuning dok..apakah berbahaya? Dok mohon penjelasannya dan obatnya dok?

    Halo, Keluarnya lendir dari vagina kita kenal dengan nama keputihan. Keputihan berfungsi untuk membersihkan vagina dari sel-sel mati dan kuman sehingga vagina terhindar dari infeksi. Keputihan dibedakan menjadi 2 macam, yaitu keputihan yang normal dan tidak normal. Keputihan normal berwarna putih atau sedikit kekuningan, tidak gatal, tidak berbau amis. Keputihan seperti ini tidak perlu Anda khawatirkan. Terkadang faktor hormonal, yaitu estrogen dapat menyebabkan keluarnya keputihan yang normal. Hal ini dapat terjadi saat pubertas, biasanya 6-12 bulan sebelum menarche atau mendapat haid pertama kali. Kondisi ini tidak perlu diobati. Keputihan yang tidak normal mempunyai ciri:

    • berbau amis
    • berwarna kuning, hijau atau abu-abu
    • disertai rasa gatal
    Keputihan tersebut dapat disebabkan oleh infeksi jamur (kandidiasis vagina), infeksi bakteri (vaginosis bakteri), ataupun parasit (trikomoniasis). Jika Anda mengalami gejala keputihan yang tidak normal, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk diperiksa secara langsung sehingga dapat diobati dengan baik. Anjuran ini dapat membantu:
    • hindari pemakaian pembalut, panty liner, sabun pembersih, tisu yang beraroma untuk vagina
    • gunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan pilihlah yang berbahan katun
    • pastikan area genital selalu kering, segera ganti celana dalam ketika berkeringat
    Semoga bermanfaat, dr.Mira

    Gedalya Banoet  Gedalya Banoet
    Anggota

    Trimakasih dok😊

    Gedalya Banoet  Genes
    Anggota

    Dokter dada temponya cepat saya terasa panas dan nafas saya sesak seperti habis lari. Padahal saya tidak ngapa ngapain. Kaki tangan saya kram. Perut kembung masuk angin. Ini kenapa ya dong mohon bantuanya