Tanya Dokter

  • Obat batuk yang aman untuk penyakit jantung

  • Dok mohon bantuan nya ayah saya sakit pembengkakan pd jantung. Namun setelah berobat di dr spesialis pnyakit dalam beliau masih batuk gak ada henti.ada pun obat yg di berikan ,famotidin,tiriz ,tilidon,fargosin. Tapi batuk sama sesak napas nya gak reda.

    Hai Ronggo Batuk dan sesak napas pada pembengkakan jantung dapat terjadi akibat penumpukan cairan pada paru-paru akibat penurunan fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga pengobatan yang diberikan adalah pengobatan yang difokuskan pada jantung. Kemungkinan lainnya adalah:

    • Infeksi paru (pneumonia), dimana pada gangguan jantung lebih mudah terjadi infeksi paru.
    • Batuk terjadi sendiri akibat dari alergi, infeksi saluran pernapasan atas, dsb.
    Pada pengobatan yang diberikan oleh dokter Anda, terdapat obat untuk pereda alergi yaitu tiriz (cetirizine) yang mungkin dimaksudkan untuk alergi sebagai penyebab batuk tersebut. Bila batuk belum mereda sebaiknya Anda kontrol kembali pada dokter Anda dikarenakan pada batuk dan sesak yang disebabkan gangguan jantung tidak dapat menghilang dengan pengobatan obat batuk biasa yang dijual bebas dan ditakutkan adanya efek samping pada jantung. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyebab batuk. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william