Tanya Dokter

  • Ciri-ciri alami obesitas

  •  Hendra Boby
    Anggota
    Hallo Dokter Sy mau bertanya, apakah sy mengalami obesitas? TB 173, BB 85. Sy olahraga rutin tapi hanya turun sedikit, klo tdk olahraga langsung cepat naik lagi. Jadi apakah sy penderita obesitas?

    Halo Hendra.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda termasuk kategori berberat badan normal, kelebihan, atau justru kekurangan, maka umumnya digunakan angka indeks masa tubuh ( IMT ) atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai body mass index ( BMI ).

    Perkiraan jumlah total lemak dalam tubuh yang muncul pada hasil ( IMT ) adalah hasil dari pembagian berat badan seseorang dalam satuan kilogram dengan tinggi mereka dalam meter kuadrat.

    Jika dilihat dari tinggi badan dan berat badan Anda, maka apabila dihitung sesuai dengan rumus IMT, hasilnya adalah 29,9, dimana untuk populasi Asia, berarti Anda termasuk seseorang yang mengalami obesitas.

    Cobalah ikuti tujuh cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, diantaranya adalah :

    1. Minumlah air sebelum makan, karena menurut penelitian minum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan karena memberi efek kenyang, yang pada akhirnya membuat Anda enggan untuk melahap makanan dalam jumlah banyak atau tidak menyentuhnya sama sekali.
    2. Jangan lupa sarapan, karena apabila Anda lupa sarapan Anda dapat menderita kelaparan dan makan camilan dalam porsi yang lebih banyak sepanjang hari.
    3. Makanlah dalam porsi kecil akan tetapi sering, kira - kira kurang lebih lima kali dalam sehari, ketimbang makan dalam porsi besar sebanyak tiga kali sehari.
    4. Konsumsi makanan yang tepat yaitu asupan protein dan berserat, hindari makanan yang berlemak.
    5. Tidak perlu membenci makanan. Kuncinya bukan menjauhi makanan, namun Anda harus tahu kadar normal yang dapat Anda konsumsi agar tidak jadi gemuk.
    6. Tidur dan istirahat yang cukup.
    7. Olahraga teratur sesuai dengan kemampuan.

     

    Akan tetapi apabila setelah anda melakukan cara - cara di atas kondisi berat tubuh Anda masih sulit untuk turun, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis gizi klinik terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MENURUNKAN BERAT BADAN SECARA REALISTIS

    Demikian penjelesan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati