Tanya Dokter

  • Mengatasi cemas dan ketakutan berlebih

  • Selamat siang dok. ayah saya sudah 2 tahun mengalami kecemasan dan ketakutan berlebih yg penyebabnya tidak jelas. selain itu setiap hari selalu melakukan aktifitas yg sama dan itu2 saja. (makan makanan yg sama dan jalan2 ke tempat yg sama, di jam yg selalu sama) dan ada sedikit kecenderungan anti sosial dan menjadi sangat egois dan terobsesi pada aktifitas yg sama tersebut.apa ini termasuk gejala OCD? bagaimana cara penyembuhan nya?

    Terimakasih telah bertanya pada Alodokter

     

    Kemungkinan keluhan yang ayah anda alami bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

    -Gangguan cemas menyeluruh : apabila seseorang merasa cemas hampir di setiap waktu terhadap banyak hal, bahkan terkadang kecemasan timbul akibat hal kecil maupun hal yang tidak masuk akal.

    -Gangguan panik : gangguan cemas yang timbul mendadak akibat sesuatu pemicu misalnya berada di keramaian, penderita mengalami jantung berdebar-debar, keringat dingin, nyeri dada, bahkan ingin pingsan.

    -Gangguan stress pasca trauma : apabila seseorang terus menerus merasakan cemas setelah mengalami kejadian yang luar biasa atau traumatis dalam kehidupannya. 

    -Gangguan fobia sosial : apabila seseorang merasa cemas berada di ruang lingkup yang ramai / banyak orang.  Seseorang dengan gangguan ini cenderung akan mengurung diri dan menghindari sosialisasi.

     

    Gangguan cemas dialami oleh hampir sebagian besar orang. Gangguan ini ditandai dengan rasa takut ketika menghadapu sesuatu, jantung berdebar-debar, berkeringat, nyeri kepala, nyeri perut dan sebagainya. Manusia memiliki refleks cemas ketika menghadapi masalah atau situasi yang membuat dirinya dan pikirannya tidak nyaman. 

    Apabila gangguan cemas sampai menimbulkan berbagai gejala fisik, membuat aktifitas dan kehidupan terganggu, sulit bersosialisasi bahkan hingga timbul keinginan bunuh diri, maka gangguan cemas tersebut bukan lagi merupakan sesuatu yang wajar.

     

    Sedang OCD atau obsessive compulsive disorder berbeda dengan kecemasan. OCD adalah suatu gangguan dimana seseorang sangat perfeksionis terhadap segala sesuatu hal, dan merasa terganggu dengan segala sesuatu yang tidak sempurna. Segala keinginananya haruslah terpenuhi sesuai apa yang ia pikirkan. Lebih lengkapnya dapat dilihat di artikel OBSESSIVE COMPULSIVE DISORDER

     

    Anjuran untuk keluhan yang dialami ayah anda :

    -Mengajak ayah anda untuk menceritakan apa yang ia pikirkan dan rasakan kepada keluarganya. Apabila mendapat perhatian dari lingkungan sekitar seseorang cenderung lebih jarang mengalami kecemasan

    -Ajak ayah anda untuk melakukan aktifitas fisik positif misalnya berolahraga bersama, ketika seseorang melakukan suatu kesibukan cenderung jarang memikirkan kecemasan terhadap berbagai hal

    -Batasi konsumsi rokok, kafein maupun minuman beralkohol

    -Ajak ayan anda berelaksasi, pergi berlibur, melakukan meditasi seperti yoga

    -Beristirahat yang cukup 8 jam per hari

     

    Untuk keluhan yang ayah anda alami saya sarankan mengajak ayah anda berkonsultasi dengan dokter psikiatri. Ayah anda dapat menyampaikan tentang apa yang anda alami kepada dokter dan anda akan mendapatkan terapi sesuai yang ia butuhkan. Terpai dapat berupa obat anti cemas, konseling, psikoterapi maupun hipnoterapi.

     

    Berikut artikel mengenai GANGGUAN CEMAS

     

    Semoga bemanfaat

    Salam, dr. natalia