Tanya Dokter

  • Cara mendiagnosis HIV dan pengobatannya

  •  ika0209
    Anggota

    mohon informasi utk mengetahui apakah seseorg terkena HIV atau tdk? dan hrsnya berobat kemana? Terima kasih

    Hai,   Untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi HIV, maka orang tersebut bisa melakukan pemeriksaan tes anti HIV di laboratorium besar/ RS/ Yayasan khusus HIV -AIDS. Tidak ada gejala/ tanda khusus bahwa seseorang terinfeksi HIV tanpa melakukan pengecekan darah di laboratorium , karena gejala HIV baru akan timbul 8-10 tahun pasca terinfeksi. Tahapan penyakit HIV ini bisa dikelompokan menjadi :

    1. Tahap 1 = merupakan tahap tanpa gejala, 3 bulan setelah terinfeksi maka Anti HIV baru muncul pada tubuh seseorang.
    2. Tahap 2 = 8-10 tahun pasca terinfeksi mulai sering terdapat keluhan seperti Diare > 1 bulan tanpa sebab yang jelas, Batuk > 1 bulan, Demam > 1 bulan tanpa sebab yang jelas dan tidak membaik dengan pengobatan.
    3. Tahap 3 = telah terjadi sindrom AIDS dimana terjadi infeksi di hampir seluruh tubuh pasien seperti infeksi kulit, infeksi paru sampai infeksi otak karena daya tahan tubuh yang hampir tidak ada.
    Baca artikel HIV AIDS di SINI. Mereka yang melakukan tes ini biasa akan mendapatkan konseling saat sebelum pengetesan dan sesudah mendapatkan hasil test. Pengetesan sebaiknya dilakukan 3 bulan pasca terexpose untuk menghindari hasil non reaktif pada masa periode jendela dimana anti HIV belum terdeteksi dalam darah. Jika hasil Anda non reaktif maka sebaiknya Anda melakukan langkah pencegahan di kemudian hari dan lebih berhati -hati. Langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Gunakan kondom
    2. Berpantang seks bebas
    3. Setia kepada pasangan Anda
    Sementara jika hasil Anda reaktif maka Anda bisa menghubungi beberapa tempat / Yayasan yang khusus menangani penyakit ini, yaitu :
    • Yayasan spiritia
    • Yayasan ODHA Indonesia
    • Yayasan orbit
    Baca artikel lengkap Deteksi dini HIV di SINI. Semoga membantu.   dr. Yusi