Tanya Dokter

  • Konsumsi ofloxacin, metronidazole, antasida secara bersamaan

  •  ilmi nafiah
    Anggota

    Pagi dok, mohon info nya.
    2 minggu yang lalu saya operasi hysteroskopi karena terdapat polip di rahim.
    setelah masa pemulihan saya mendapatkan obat ofloxacin 200mg yang harus diminum sehari 2 tablet setiap 12 jam, dan obat tersebut telah habis dihari ke-8 pasca operasi.
    Dan ketika saya control 2 minggu pasca operasi saya kembali diresepkan ofloxacin 400mg, dan kali ini ditambah dengan metronidazole 500mg serta antasida yang harus dikonsumsi sampai 2 atau 3 minggu menjelang control berikutnya.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah aman ketika ofloxacin dan metronidazole diminum bersamaan yang notabene sama sama obat anti bakteri.
    Apakah aman juga anti bakteri diminum dalam jangka waktu lebih dari 2 minggu.
    Dan apakah fungsi obat tersebut diminum padahal saya merasa keadaan saya sudah pulih.

    Terimakasih sebelumnya atas jawaban dari dokter.

    Halo Ilmi, 

    Tentunya dokter sudah mempertimbangkan berbagai alasan mengapa mengkombinasikan dua antibiotik. Hal ini tidak jarang dilakukan, kombinasi antibiotik bisa digunakan jika manfaatnya jelas. Setelah operasi, antibiotik digunakan sebagai pencegahan infeksi, mengingat operasi menyebabkan bagian dalam tubuh terekspos dan kontak dengan alat-alat dari luar. Jika luka terinfeksi, dikhawatirkan kuman mudah masuk ke pembuluh darah dan terjadi sepsis, yaitu infeksi sistemik (seluruh tubuh) yang berat dan mengancam nyawa. Antibiotik setelah operasi biasanya dikonsumsi selama beberapa minggu, hingga lukanya benar-benar sembuh. 

    Metronidazole adalah antibiotik untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh kuman jenis anaerob (tidak membutuhkan oksigen untuk berkembang biak), biasanya kuman-kuman jenis ini terdapat pada rongga perut, gigi/gusi atau rongga panggul. Bisa juga digunakan untuk mengobati infeksi parasit. Ofloxacin digunakan untuk mengobati infeksi yang terutama disebabkan oleh kuman aerob. Anda tidak perlu khawatir akan kombinasi obat ini dan sebaiknya tetap menghabiskannya sesuai petunjuk dokter.

    Antasida adalah obat penetral asam lambung. Biasanya diminum sebelum makan, untuk mengatasi gejala-gejala sakit maag/dispepsia. Jika Anda tidak merasa ada keluhan saluran pencernaan, tidak masalah jika Anda berhenti mengonsumsi antasida. 

    Semoga bermanfaat ya, 

    dr. Mega