Tanya Dokter

  • Olahraga saat nyeri haid hari pertama. Amankah ?

  • Selamat pagi, dokter. Saya ingin tanya, apakah aman bila saya senam aerobic/ body language atau semacamnya yg termasuk jenis senam high impact apabila saya sedang nyeri haid hari pertama? Dari dulu hampir selalu saya absen sekolah ataupun kuliah setiap hari pertama karena nyerinya tak tertahankan. Apakah tidak ada efek sampingnya? Terima kasih.

    Halo Ratu....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Menstruasi merupakan suatu kondisi alami yang dirasakan oleh setiap wanita yang biasanya dapat menimbulkan gangguan aktifitas sehari - hari, seperti : nyeri, mudah lelah, jerawat, nyeri pada payudara, perut kembung, dll. Melakukan olahraga pada saat menstruasi diprediksi lebih efektif dalam mencegah rasa sakit, dan dalam kesimpulannya === kegiatan ( misal : melakukan pekerjaan rumah, olahraga, dll. ) justru meredakan nyeri menstruasi. Olahraga sendiri diprediksi dapat meredakan sakit menstruasi karena kegiatan ini mampu melepaskan hormon beta - endorfin yang dimana hormon ini dikenal sebagai morfin alami manusia. Olahraga yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah :

    • aerobik
    • Berenang
    • Jalan cepat
    • Bersepeda
    Namun perlu di ingat, bahwasanya olahraga bukan hanya dilakukan pada saat Anda sedang mengalami menstruasi. Akan tetapi lakukanlah olahraga secara rutin 3 kali dalam seminggu agar tubuh semakin sehat. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : OLAHRAGA MEREDAKAN NYERI MENSTRUASI Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati