Tanya Dokter

  • olahraga yang baik untuk mengatasi insomnia

  •  Barbie
    Anggota
    Dok mau nanya, aku kan kerjanya selalu jam malam sekitar jam 9 sampai hampir jam 5 pagi baru pulang ddari kantor. Pertanyaannya 1.apa tak masalah, melakukan olahraga sebelum tidur(seperti jalan pagi/lari pagi)? 2.waktu yang tepat untuk olahraga bagi pekerja malam seperti saya? 3. Olahraga untuk menghilangkan insomnia apa ada dok? Karna jujur walaupun aku pulangnya cepat seperti jam 2 pagi, pasti saya baru bisa tidur setelah pagi(sekitar jam 6 dan bahkan kadang jam 12 siang) apa ada solusi dok? Terimakasih...

    Terima kasih Barbie atas pertanyaannya.

    Olahraga memang aktivitas yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Waktu untuk melakukan olahraga pun bebas yang penting Anda rutin melakukannya. Memang biasanya orang akan melakukan olahraga pada pagi atau sore hari. Namun hal ini dapat disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari masing-masing orang. Karena itu, tidak masalah jika Anda berolahraga setelah Anda selesai dari kantor jam 5 pagi. Yang penting, Anda tetap dapat beristirahat dengan cukup.

    Pada manusia ada siklus hormonal yang terus terjadi selama 24 jam dan siklus ini dikenal dengan irama sirkardian. Namun, manusia dapat beradaptasi terhadap lingkugnan sehingga bagi pekerja malam seperti Anda, iramanya pun akan berubah mengikuti aktivitas sehari-hari Anda. Olahraga sebelum tidur memang dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur. Karena itu, Anda dapat mensiasati olahraga Anda menjadi sore hari sehingga pada saat jam 5 pagi Anda pulang, Anda dapat langsung beristirahat.

    Olahraga pada sore hari yang dilanjutkan dengan bekerja pada malam harinya mungkin akan membuat Anda lebih lelah ketika pulang kantor sehingga akhirnya dapat lebih mudah tertidur. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan di kantor serta makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

    Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati insomnia adalah:

    1. Relaksasi, misalnya dengan mandi air hangat, membaca buku, mendengarkan musik berirama ringan atau dengan menggunakan aroma terapi

    2. Hindari alkohol, nikotin dan kafein pada sore dan malam hari

    3. Jika insomnia sangat mengganggu Anda, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter khususnya dokter spesialis jiwa atau dokter spesialis saraf.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Cara mensiasati insomnia

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya