Tanya Dokter

  • Penyebab sperma encer

  •  saadtay
    Anggota

    dok, saya setiap hari onani. apakah sperma saya itu termasuk subur? sperma dalam keadan encer

    Halo Saadtay,
    Mengenai keluhan anda,masturbasi adalah aktifitas seksual untuk memberikan kepuasan pada diri sendiri dengan segala cara,dapat menggunakan sex toys,ataupun menggunakan majalah. Biasanya hal ini jarang menimbulkan komplikasi atau efek,kecuali jika melakukannya dengan kasar,maka akan timbul efek kemerahan dan bengkak pada organ genital. Sedangkan pada pertanyaan anda,mengenai sperma subur atau tidak,harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut berupa pemeriksaan sperma di laboratorium (anda harus berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan ini). Penilaian pada sperma biasanya meliputi:
    1. Volume sperma
    2. Warna
    3. Likuifaksi
    4. Bentuk sel sperma
    5. pH/keasaman
    6. Sel darah putih
    7. Jumlah sel sperma yang hidup
    Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma adalah:
    1. Tidak mengkonsumsi herbal,maupun obat-obatan tanpa BPOM resmi untuk vitalitas (konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi)
    2. Tidak merokok,minum alkohol
    3. Tidak melakukan seks bebas
    4. Memiliki 1 pasangan
    5. Menggunakan pengaman saat berhubungan
    6. Tidak memasukkan benda asing ke genital
    7. Jika terjadi keluhan seperti gatal pada alat kelamin,luka melepuh disertai nanah,nyeri berlebihan,BAK nyeri,sangat disarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit kelamin. Demikian info yang dapat diberikan,semoga menjawab pertanyaan anda.Salam dr. Celleen