Tanya Dokter

  • perut bawah sakit saat hamil setelah 4 tahun operasi caesar

  • Slmt pgi dokter... Sy perna menjalani operasi ceisar 4tahun yg lpas dan skrang sy hamil 4bln lbih.. Yg msalah nya skarang sy sllu kesakitan yg dbagian bwa perut pa yg harus sy lkukan skrang ?apa kah ne berbahaya untuk bayi dn diri sy.. Mohon informasi nya ya dokter..trimakasih.

    Hai,   Penyembuhan luka pasca caesar diperkirakan memakan waktu selama 3 bulan paska operasi. Beberapa penelitian menggangap setelah 3 bulan kondisi penyembuhan rahim yang mengalami sayatan telah pulih 100%. Namun ini dianggap jika saat operasi tidak terjadi komplikasi/ penyulit apapun. Semakin lama jarak kehamilan dari operasi caesar sebelumnya maka akan semakin kuat dan sempurna proses penyembuhan pada rahim dan bagian lain yangmengalami penyayatan. Jika Anda mengeluh nyeri yang terjadi terus menerus saat kehamilan sekarang maka sebaiknya segera konsultasikan keluhan Anda ke dokter kandungan. Dokter kandungan akan memeriksa kondisi Anda, kondisi bekas jahitan Anda dan kondisi bayi Anda dengan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain seperti USG. Dengan USG bisa dilihat kondisi rahim dan bayi dengan lebih baik. Nyeri yang timbul bisa diakibatkan karena :

    1. Peregangan rahim karena kehamilan.
    2. Terjadinya perlekatan paska operasi caesar sebelumnya.
    3. Kontraksi rahim
    4. Aktivitas fisik berlebih seperti berdiri diam terlalu lama dll.
    Nyeri yang timbul karena kontraksi rahim jika terjadi terus memerus akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi ibu dan bayi. Karena jika kontraksi terus menerus pada rahim maka pasokan oksigen ke bayi akan berkurang. Segera hubungi dokter kandungan Anda jika mengalami keluhan seperti :
    1. Keluar vlek/ spotting
    2. Nyeri sangat hebat seperti haid.
    3. Gerak bayi berkurang atau tidak sama sekali.
    4. Nyeri tidak hilang dengan istirahat.
    Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan hal seperti :
    1. beristirahat sejenak,
    2. hindari mengangkat barang/ beban berat,
    3. hindari jongkok / berdiri terlalu lama.
    4. Melakukan senam hamil dengan gerakan ringan.
    5. Hindari memijat perut.
    Jika keluhan tidak membaik maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Baca artikel lengkap tentang caesar di SINI. Semoga membantu.   Dr. Yusi