Tanya Dokter

  • operasi FAM dextra 2 kali dalam 2 bulan apakah boleh?

  • Hallo dok,,saya Dwi. Umur saya 22th dan saya blm menikah. Begini dok,,saya ingin bertanya seputar FAM(Fibroadenoma Mammae) atau tumor payudara. Pada awal agustus saya didiagnosa FAM dextra setelah melakukan serangkaian pemeriksaan. Tumor payudara kanan saya ada 2. Dgn ukuran kurang lebih 2,5 cm dan 3,5 cm terletak pada arah jam 10 dan jam 11. Pada 30 Agustus 2016 saya sudah menjalani operasi pengangkatan FAM. Setelah 1 bulan saya menjalani masa pemulihan dan kontrol rutin dan perban sudah dilepas, saya memberanikan diri untuk SADARI. Dan ternyata saya menemukan ada benjolan pada arah jam 10 lagi. Lalu pd jdwal kontrol saya yg berikutnya saya sampaikan keluhan saya sama dokter dan singkat cerita 1 bulan selanjutnya saya dianjurkan untuk USG mammae lagi. Dan hasilnya ternyata pada arah jam 10 ada benjolan dgn ukuran kurang lebih 2,5 cm. Saya pun terkaget melihat hasilnya lalu saya cocokkan dgn hasil USG yg lalu ternyata pada arah jam itu sama persis. Singkat cerita saya bertemu dgn dokter bedah onkologi saya lalu beliau mengatakan kalau itu adl tumor yg tumbuh lagi dan harus dioperasi pada bulan ini.Tp kok saya agak ragu dgn jawaban dokter saya. Saya lalu bertanya apakah itu tumor lama yg lupa diangkat beliau menjawab waktu operasi lalu suda diangkat semua. Jadi yg ingin saya tanyakan adalah 1. Apakah ada kemungkinan itu tumor lama yg dokter bedah saya lupa mengangkat? 2. Apakah tidak mengapa jika pada waktu kurang lebih 2 bulan saya hrs operasi lagi? Terima kasih banyak dok. Semoga dokter bersedia memberi saya jawaban yg terbaik.

    fb-dwilestari8  dr. Danny
    Dokter

    Hai Dwi, FAM (Fibroadenoma Mammae) adalah tumor jinak pada payudara, paling sering ditemukan pada wanita usia 20-30 tahun. Dianggap jinak ditandai dengan karakteristik benjolan yang :

    • bentuk bulat
    • batas tegas
    • konsistensi kenyal atau agak keras
    • mudah digerakkan dari permukaannya
    FAM termasuk tumor yang dipengaruhi oleh hormon esterogen, artinya tumor ini bisa membesar atau mengecil dipengaruhi oleh kadar hormon esterogen dalam tubuh. Benjolan tidak sepenuhnya dicurigai FAM, dicurigai oleh sebab lain, terkadang diperlukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan ambil jaringan atau patologi anatomi, sebaiknya Anda kembali mendiskusikannya dengan dokter bedah yang menangani Anda. Kekambuhan sering ditemukan pada kasus FAM sekalipun sudah dilakukan tindakan pengangkatan. Diskusikan kembali dengan dokter Anda apakah benjolan yang tumbuh kembali tersebut apakah ada kemungkinan keganasan/kanker agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk operasi ulang tidak apa-apa dilakukan dalam waktu yang Anda sebutkan tadi, yang jadi pertimbangan adalah kondisi fisik pasien yang akan dioperasi. Untuk pertimbangan dilakukan operasi ulang pasti sudah dipertimbangkan dengan matang oleh dokter spesialis bedah yang menangani Anda sebelumnya. Baca hal terkait FAM. Semoga bermanfaat, terimakasih dr. Danny