Tanya Dokter

  • operasi hernia di kedua sisi dilakukan secara bersamaan

  • Apakah operasi hernia kanan dan kiri bisa dilakukan bersamaan atau salah satu dahulu? Terimakasih atas jawabannya.

    Halo,

     

    Pada hernia yang terjadi pada kedua sisi tubuh secara bersamaan maka operasi hernia bisa dilakukan secara bersamaan kepada kedua sisi tubuh tersebut.

    Namun tentunya akan ada pertimbangan lain yang akan ditimbang oleh dokter yang melakukan pemeriksaan kepada Anda. Karena melakukan operasi kepada kedua sisi hernia akan menyebabkan lama operasi menjadi lebih lama, resiko perdarahan menjadi lebih banyak dan resiko lain juga akan bertambah sebanyak dua kali lipat. 

    Maka dari itu kondisi pasien secara umum, kegawatdaruratan operasi hernia dan kondisi medis pasien akan dilihat secara seksama oleh dokter sebelum melakukan operasi kepada Anda.

    Hernia adalah sebuah tonjolan bagian tubuh lain pada daerah otot yang mengalami kelemahan. Hernia terdiri dari berbagai jenis seperti :

    1. Hernia inguinalis.

    2. Hernia femoralis.

    3. Hernia umbilikAlis.

    4. Hernia hiatus.

    5. Hernia insisi.

    6. Dll.

    Kondisi hernia bisa muncul pada setiap orang terutama akibat pencetus seperti :

    1. Kehamilan.

    2. Peningkatan berat badan berlebih.

    3. Konstipasi.

    4. Batuk berkepanjangan.

    5. Dll.

     

    Hindari berdiri terlalu lama, hindari mengedan kuat, perbanyak minum air putih, sayur dan serat, obati batuk dan lakukan olahraga untuk memperkuat otot. Konsultasikan kondisi hernia Anda dengan dokter Anda dan tindakan terbaik yang bisa dilakukan.

    Semoga bermanfaat.

     

    dr. Yusi