Tanya Dokter

  • Operasi untuk infeksi usus

  • Dokter saya mau bertanya, saya sudah operasi usus buntu yg pecah dan terinfeksi ke usus besarnya sehingga melekat satu sama yg lain. Saya sudah 5 hari ini puasa namun pada saluran selang melalui hidung menuju lambung keluar cairan berwarna hijau pada awalnya dan berubah menjadi warna kuning. Penyebab keluarnya air dari lambung tersebut apa ya dok saya jd terus puasa sampai sekarang. Nb:Masih di rumah sakit

    Terima kasih Hidayat Apri Kuansa atas pertanyaannya di forum Alodokter, radang usus buntu atau yang dikenal juga dengan istilah appendisitis merupakan suatu keadaan gawat darurat yang diperlukan tindakan yang segera. Dimana pada kasus radang usus buntu ini disebabkan oleh karena adanya sumbatan pada daerah usus buntu ini, sehingga dapat menimbulkan beberapa gejala seperti:
    - nyeri perut kanan bawah
    - nafsu makan berkurang
    - mual muntah
    - demam

    Pada kondisi radang usus buntu ini juga dapat mengalami beberapa komplikasi, salah satunya apabila usus buntu ini pecah dan infeksi dapat menyebar ke bagian rongga perut lainnya. Pada kondisi ini biasanya penanganan akan lebih kompleks dimana tindakan biasanya dilakukan berupa tindakan pembedahan yang lebih luas. Selain itu, tindakan pembedahan ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping berupa:
    - gangguan pergerakan usus (ileus paralitik)
    - kerusakan jaringan usus
    - perlekatan usus

    Pada pasca tindakan operasi ini biasanya terjadi efek samping berupa gangguan pergerakan usus. Dan umumnya penderita dianjurkan untuk berpuasa dan dilakukan pemasangan selang NGT (selang dari hidung menuju lambung) guna membantu mengosongkan sisa makanan yang tertinggal didalam rongga perut karena usus belum mampu bekerja dengan optimal. Biasanya pasca operasi ini pergerakan usus dapat membaik setelah beberapa hari, namun bila hal ini terus berlarut-larut sebaiknya dapat dievaluasi kembali guna perencanaan tindakan yang lebih lanjut.

    Berikut terdapat aritkel seputar ileus paralitik

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra