Tanya Dokter

  • Mengatasi penyakit gagal jantung dan hipertensi pulmonal

  • Sore dok.. Orang tua saya mengalami jantung bocor asd II dan mengalami hipertensi pulmonal.. Yg ingin saya tanyakan apakah orang tua saya tidak bisa menjalani operasi untuk jantung bocor nya.. Dokter bilang orang tua saya sudah terlalu tua.. Umur orang tua saya 48 tahun..mohon jawaban nya dok

    Halo Prita Kiara Uloy, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Keputusan untuk menjalani operasi pada orang dengan ASD dengan hipertensi pulmonal harus diambil berdasarkan berbagai pertimbangan. Operasi penutupan ASD sendiri memiliki indikasi dan kontraindikasi sendiri.

    Berikut ini adalah indikasi dilakukannya operasi penutupan ASD:

    1. Terdapat peningkatan kerja (overload) ventrikel kanan jantung
    2. Aliran darah ke sistem pulmonal 1.5 kali lebih besar dibandingkan aliran darah sistemik

     

    Berikut ini adalah kontraindikasi dilakukannya operasi penutupan ASD:

    1. Bocor jantung yang terjadi tidak signifikan
    2. Memiliki hipertensi pulmonal yang berat dan tidak bisa dikembalikan menjadi normal kembali (ireversibel)

     

    Dokter akan selalu mempertimbangkan indikasi dan kontraindikasi dilakukannya operasi pada seseorang untuk menilai apakah operasi yang dilakukan dapat memperbaiki kondisi pasien ke depannya atau justru memperburuk gejala. Bila hipertensi pulmonal yang dimiliki orang tua anda memang sudah sangat berat, melakukan operasi bukan saja meningkatkan risiko kematian saat operasi, tetapi juga bisa memperburuk kondisi orang tua anda paska operasi.

    Sebaiknya anda menanyakan kembali kepada dokter yang merawat orang tua anda mengenai kondisi orang tua anda saat ini, faktor apa saja yang membuat orang tua anda tidak dapat menjalani operasi, risiko apa yang dapat terjadi bila tetap menghendaki operasi, serta apa yang dapat dilakukan bila tidak menjalani operasi. Kami tidak bisa menjelaskan secara lebih lengkap karena tidak mengetahui secara pasti kondisi orang tua anda serta pemeriksaan-pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter orang tua anda.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia