Tanya Dokter

  • Penanganan kalazion

  •  Yoke Raka
    Anggota

    Dok, di kelopak mata saya bagian atas (luar) ada benjolan agak keras namun tidak merah dan tidak sakit.. saya mencoba mencari referensi dengan melihat di web-web dan mendapatkan info bila itu bisa didiagnosa sebagai kalazion..

    Apabila dalam beberapa bulan tidak menghilang maka harus operasi.. apabila dilakukan operasi di bagian luar mata atau di dalam mata ya dok? saya takutnya membekas.. karena ketika saya mencoba melihat dalam kelopak mata tidak ada benjolan atau tanda putih seperti bisul, hanya bagian luar saja. Terima kasih dok

    Yoke Raka  Yoke Raka
    Anggota

    maaf maksud saya bukan bisul tapi bintitan dok

    Halo,

    Kalazion adalah inflamasi kronis non-infeksi pada kelenjar sebasea pada kelopak mata. Biasanya kalazion mengenai kelenjar meibom, sehingga menyebabkan benjolan yang jelas dan tidak nyeri.

    Penanganan kalazion yang efektif antara lain dengan insisi dan kuretase pada kalazion. Pada kasus kalazion multipel, injeksi lokal dengan triamsinolon dapat menunjukkan hasil dengan munculnya regresi kalazion dalam beberapa minggu. 

    Operasi kalazion dilakukan dari sisi atau bagian dalam kelopak mata. Dengan menggunakan anestesi, selanjutnnya dilakukan insisi dan kuretase pada kalazion dari bagian dalam kelopak mata.

    Komplikasi yang dapat muncul setelah tindakan bedah pada kalazion antara lain sebagai berikut:

    - Perdarahan

    - Instabilitas tarsal plate

    - Kejadian kalazion berulang

    Injeksi triamsinolon lokal dapat menyebabkan hipopigmentasi, atrofi tarsal plate, dan peningkatan tekanan intraokuler

    Karena insisi dan kuretase dilakukan dari bagian dalam kelopak mata, maka relatif tidak akan muncul bekas operasi atau luka yang sangat terlihat pada bekas operasi kalazion.

    Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan langsung kemudian menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu.

    dr. Agatha