Tanya Dokter

  • Operasi lasik untuk mata minus tinggi

  •  Widyanovian
    Anggota

    Siang Dok,

    Saya memiliki mata minus 6 untuk sebelah kiri dan 12 untuk sebelah kanan. Apakah  operasi lasik dapat dilakukan pada mata dengan minus tinggi dan apakah hasilnya dapat kembali normal?

    Terima kasih.

    Halo Widyanovian......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa operasi LASIK atau Laser - Assisted - In - Situ _ keratomileusis merupakan sebuah langkah medis yang ditujukan untuk menangani beberapa gangguan penglihatan, seperti : rabun jauh / miopi, rabun dekat / hiperopia, dan astigmatisme.

    Operasi LASIK sendiri merupakan salah satu jenis bedah refraktif === bedah yang bertujuan mengubah bentuk kornea pada mata. Untuk melakukan hal tersebut, dibutuhkan sebuah laser yang telah diprogram untuk menghapus beberapa jaringan yang ada di kornea. Dengan alat ini pula, ahli bedah bisa meratakan lengkungan kornea atau membuatnya lebih curam.

    Usai proses pembedahan, biasanya penglihatan akan mulai membaik dan lebih jelas setelah dua hingga tiga bulan pasca operasi. Namun proses penyembuhan tiap orang pun berbeda - beda. Ada yang langsung bisa melihat dengan jelas sehari setelah operasi, ada pula yang butuh waktu berbulan - bulan.

    Pada mata yang minus nya sangat tinggi, misalnya minus lebih dari 9 === dapat saja minus menjadi 0, akan tetapi ini tergantung dari teknologi LASIK yang digunakan. Semakin canggih alat yang digunakan, maka kemampuan membuat mata minus menjadi 0 akan semakin dapat dilakukan.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    LASIK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    salam,

    Dr. Jati