Tanya Dokter

  • Koma setelah kecelakaan

  •  ade pirman
    Anggota
    Selamat malam, Dok,saudara saya mengalami kecelakaan lalulintas dan luka parah di bagian kepala, karena koma setelah 1 hari,dokter melakukan operasi di kepala,dan memindahkan sebagian tengkorak kepala ke dalam perut sampai 3 bulan dan jika kondisi membaik akan dipindahkan kembali, apa yang sebenarnya terjadi pada saudara saya?dan setelah di operasi apa yang akan terjadi?karena setelah operasi masih koma? Terimakasij banyak sebelumnya

    Halo Ade, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Operasi pada bagian kepala memang berbeda-beda tergantung dari jenis cedera kepala yang terjadi. Ada yang dikenal sebagai craniotomy yaitu mengangkat tempurung kepala atau tengkorak dan setelah dilakukan tindakan tempurung kepala diletakkan kembali, ada pula yang dikenal sebagai craniectomy yaitu dilakukan pengangkatan dari tengkorak kepala dan sementara diletakkan di bagian tubuh lain yaitu di dalam perut. 

    Tujun dari penyimpanan sementara adalah agar tengkorak tersebut tetap mendapat aliran darah agar tetap hidup dan ternutrisi dan tetap dalam keadaan steril. Selain itu, dapat juga dilakuka pemasangan selang dari kepala ke rongga perut, jika memang adanya produksi cairan yang terlalu banyak di dalam kepala. Pada kondisi saudara Anda kemungkinan operasi yang Anda maksud akan lebih baik jika menanyakan langsung kepada dokter mengenai prosedur yang sebenarnya untuk menghindari asumsi ataupun kesalahpengerian. Anda dan keluarga berhak untuk mengetahui prosedur yang akan dilakukan. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi