Tanya Dokter

  • cara membersihkan luka bekas operasi cesar

  • Hallo dokter, sy Nani Suryani, usia sy 25 tahun sy bru melahirkan 6 bulan lalu dg operasi secar, tidak ada masalah apapuj dgn bekas operasi sy. Sy mau bertanya : 1. Apakah boleh sy bersihkan bekas operasi sy menggunakan tisu basah? 2. Knpa saat sy mmbersihkan pke tisu atau kapas suka terasa perih pas bekas operasi? (Sy selalu bersihkan karena takut ada tdk bersih saat mandi dn takut ada jamur karena bekas operasi pas dilipatan perut) 3. Knpa sy belum juga haid? (Sy menyusui) 4. Sy KB IUD,knp suami tdk nyaman ketika berhubungan? 5. Bbrpa hari ini sy merasa sakit pada mis v bagian bawah sebalah kiri, terasa perih saat tersentuh,(sblh kanan tidak), kmrin ada benjolan kecil saat disentuh tpi skrg sdh tidaj ada tinggal sakit dan perihnya sj, gatal hebat, dan keputihan semakin banyak, warna keputihan hijau kekuningan tapi tidak berbau. Pdhal sy menggunakan sabun utk pencuci vagina? Mohon dijawab dokter. Terima kasih!!

    Halo

    Pada prinsipnya tidak masalah membersihkan luka bekas operasi cesar 6 bulan yang lalu dengan tisu basah. Munculnya nyeri kemungkinan karena tisu tersebut mengandung zat antiseptik (seperti alkohol)yang dapat menimbulkan sensasi perih ketika berkontak dengan luka-luka minor bekas operasi. Sebenarnya membersihkan dengan air bersih hangat saja sudah cukup, tidak harus dengan tisu basah. Pastikan juga setiap selesai membersihkan luka dikeringkan dengan kain/kassa bersih.

    Tidak haid paska melahirkan sangat normal terjadi. Faktor-faktor seperti ketidakseimbangan hormon, menyusui, ataupun penggunaan KB berperan dalam kondisi ini. Tidak perlu penanganan khusus, sebab biasanya haid Anda nantinya akan kembali normal seiring bertambahnya waktu. Jika masih ragu tidak ada salahnya langsung Anda periksakan ke dokter.

    KB IUD berada di dalam rahim. KB ini biasanya tidak akan terlalu menganggu penis suami ketika berhubungan seksual. Yang ada malahan istri yang mengeluhkan rasa tidak nyaman karena pemasangan IUD. Cobalah untuk mengkomunikasikan lebih lanjut ke suami mengenai cara berhubungan seksual yang nyaman.

    Nyeri pada daerah vagina yang diikuti dengan keputihan bermacam-macam penyebabnya, mulai dari infeksi,vagina tegang (vaginismus), vagina kering (atrofi), hingga benjolan, bisa karena kista, abses, atau tumor. Keluhan ini tidak boleh dianggap remeh, periksakanlah segera ke dokter. Penanganan terbaik dari dokter nantinya akan disesuaikan.

    Hindarilah penggunaan sabun pencuci vagina. Sabun tersebut dapat merusak vegetasi normal vagina, pada vegetasi tersebut adalah pelindung alami vagina. Ketika vegetasi telah rusak infeksi dan radang akan mudah menyerang. Cukup bersihkan vagina dengan air bersih, boleh dengan air hangat terutama ketika keputihannya sudah banyak atau sehabis buang air. Jangan terlalu sering mencuci vagina karena dapat menyebabkan iritasi dan atrofi pada vagina.

    Semoga informasi di atas bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil