Tanya Dokter

  • Tangan tidak bisa menggenggam setelah operasi

  •  Andrea Rizky
    Anggota
    Selamat pagi dok. Saya ingin bertanya apakah daging tangan yang hilang akibat di kerik pasca operasi akibat infeksi pada batas siku sampai lengan bawah bisa diperbaiki (dalam arti sama besar seperti lengan kiri saya? Karena setelah operasi tangan saya JUGA tidak bisa menggenggam. Operasi yang dituju tulang saya yang mengalami dislokasi. Tapi karena infeksi jadi daging bawah siku kiri saya di kerik. Makasih sebelumnya dok

    Salam,

    Dari informasi yang Anda sampaikan, perlu kiranya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter keluarga Anda atau dokter bedah tulang yang merawat Anda. Pemeriksaan langsung diperlukan untuk memberikan gambaran jelas adanya kelainan bentuk otot ataupun tulang yang terjadi, serta kemungkinan operasi yang sudah dilakukan terhadap adanya komplikasi yang dapat terjadi. Karena kondisi kasus seperti, tanpa pemeriksaan fisik langsung oleh dokter tidak dapat memberikan saran dan gambaran yang tepat.

    Namun, secara umum, adanya kerusakan otot serta riwayat dislokasi tulang dan adanya infeksi yang terjadi dapat beresiko menyebabkan gangguan gerak pada lenagan bawah dan juga pada jari. Adanya jaringan otot yang rusak serta penurunanan fungsinya dapat menyebabkan komplikasi gerakan pada sudut tertentu, ataupun pada gerakan tertentu. Kemampuan otot terhadap beban dan tahanan juga dapat menurun, sehingga bila tangan mendapatkan beban tertentu, dapat ditemui keluhan gemetar pada otot pasien.

    Bagaimanapun juga, diskusikan dengan dokter yang merawat Anda, atau diskusikan dokter keluarga Anda untuk pemeriksaan dan evalausi keluhan ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi terkait keluhan yang Anda rasakan.

    Perawatan dan rehabilitasi medis dapat direncanakan oleh dokter sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Dengan demikian, kemungkinan otot yang mengalami infeksi, tidak sama bentuk dan ukaran lingakarnya dibandingkan yang sehat. Adanya pelatihan yang sesuai akan membantu kekuatan otot serta massa otot yang cedera tersebut.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan.

    dr. Ulfi