Tanya Dokter

  • Nyeri pada bekas luka operasi usus buntu. Normalkah ?

  •  rare.gonibala
    Anggota

    dok saya pernah di operasi usus buntu pada 1 mei 2017 dan sekarang pada tangga 13 november 2017 saya sering merasakan sakit di bagian dalam luka operasi dan jika di tekan rasanya akan lebih sakit. apakah itu wajar dok ?

    Halo rere.gonibala.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Langkah pengobatan utama penyakit radang usus buntu yaitu melalui prosedur operasi pengangkatan usus buntu atau yang dalam bahasa medis dikenal dengan istilah apendektomi, umumnya proses pemulihan dan dapat beraktivitas secara normal kembali adalah setelah dua bulan paska operasi.

    Kondisi yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa rasa sakit di dalam luka operasi dan apabila ditekan juga akan menimbulkan rasa sakit, sebenarnya hal ini sudah dapat dikatakan tidak wajar. Umumnya setelah melewati tiga bulan pasca operasi, rasa sakit sudah mulai tidak dirasakan di sekitar luka operasi, walaupun sesekali terasa sakit, akan tetapi umumnya tidak disertai dengan nyeri tekan.

    Kami menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter spesialis bedah umum yang telah menangani Anda, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan kembali, sehingga segala sesuatu nya terang dan jelas, dan penanganan tepat dapat diberikan kepada Anda.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati